Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13.000 Panel Surya Tenagai Pabrik Mesin Toyota

Kompas.com - 22/08/2014, 11:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Deeside, KompasOtomotif – Komitmen ramah lingkungan, mengurangi polusi udara, dan menghemat bahan bakar yang terbuat dari fosil tak hanya ditunjukkan dengan mencipta mobil-mobil canggih hemat energi. Pelan tapi pasti, Toyota mengubah sumber energi listrik pabrik-pabriknya dengan tenaga yang dihasilkan dari panas matahari.

Terbaru, produsen Jepang itu meresmikan pusat pembangkit listrik tenaga surya, awal Agustus 2014 demi menghidupkan pabrik mesin di Deeside, North Wales. 13.000 panel surya dipasang pada stasiun khusus di dekat pabrik. Instalasinya dilakukan British Gas, mampu menghasilkan 3,4 juta Kw per tahun.

Artinya, tenaga dari matahari itu bisa memproduksi kapasitas 22.500 mesin dalam setahun. Pabrik bertenaga surya tersebut juga bisa menghilangkan 1.800 ton emisi CO2 dalam setahun, membuat Toyota di Inggris Raya menjadi produsen mobil yang paling hemat energi dan ramah lingkungan.

”Saya sangat antusias dengan pembangunan stasiun panel surya ini sebagai investasi Toyota di Wales. Toyota adalah perusahaan yang punya nilai tinggi, bekerja di sektor kuncu dan memberi kontribusi signifikan untuk perekonomian dan bisnis di Wales,” ujar Menteri Perekonomian, Iptek, dan Transportasi Wales Edwina Harta AM seperti dilansir autoevolution, (21/8/2014).

Pabrik di Deeside bukanlah yang pertama menggunakan panel surya di Inggris Raya. Pada 2011, pabrik di Derbyshire sudah menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com