Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Kerap Ganti Pelek demi Tampil Beda

Kompas.com - 21/08/2014, 13:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meski berstatus mobil keluarga, Toyota Avanza bisa juga dibuat gaya. Buktinya, Wiyardinata, salah satu pengguna Veloz yang tampil di Avanza Pop You Up berhasil membuktikannya.

Buat tampilan sehari-hari, ubahan penampilan difokuskan pada area kaki-kaki. Salah satunya dengan mengganti pelek dengan ukuran lebih besar 17 inci dengan desain palang jamak. Untuk memperkuat pijakkan karena pelek lebih besar, tak lupa bagian suspensi ikut disesuaikan.

"Tak ada ubahan yang berat dilakukan, konsentrasi uang lebih banyak terserap dari pembelian pelek baru," jelas pria yang akrab dipanggil Erwin itu. Pilihan pelek yang digunakan juga tidak perlu yang mahal-mahal, yang penting adem di kantong juga di mata," jelas Erwin saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Avanza Veloz dengan ubahan pada pelek
Erwin juga tak segan-segan melakukan ubahan sendiri, salah satunya dengan mengecat kaliper rem dan dudukan roda belakang dengan cat merah. Pelek yang semula berkelir silver dibalur dengan cat semprot kemasan hitam dop. Alhasil, menciptakan kombinasi yang kontras merah-hitam, warna sama yang dipilih untuk lapisan jok. Jadi senada!

Berkendara dengan pelek lebar juga punya trik tersendiri. Erwin harus hati-hati memilih jalan di Ibu Kota yang banyak lubang atau polisi tidur. Dia menjelaskan, yang pasti jangan menghantam lubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi.

Meski berpenampilan apik, Erwin tak sayang untuk membawanya ke kampung halaman di Sumatera Barat. "Mobil sudah dua kali saya bawa pulang ke Padang. Tapi, saya  ganti pelek standar agar lebih aman karena kontur jalanan lintas Sumatera masih buruk," pungkas Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com