Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Masih Tahan Serbuan Rival Hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 19/08/2014, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Astra Motor (TAM) yakin masih banyak Avanza yang akan beredar di masyarakat. Kendati banyak perubahan di pasar otomotif nasional ditambah kedatangan pesaing baru dan pesaing lama yang bersolek diri di segmen MPV bawah, dominasi Avanza dipercaya bertahan hingga tutup tahun 2014.

Direktur Marketing TAM Rahmat Samulo mengatakan, penjualan Januari-Juli 2014 tetap stabil, bila dirata-rata 14.000 - 15.000 unit ribu per bulan. Meski bergitu, diakui turun dari rata-rata 17.000 unit per bulan pada 2013.

Tahun ini Avanza akan tetap kuat. Indikasinya, beber Samulo, pasar otomotif nasional sebenarnya akan turun dengan catatan segmen “mobil murah” tidak masuk dalam hitungan. Meski demikian, performa Avanza terbilang tetap stabil.

“Kalau kita keluarkan LCGC dari pasar otomotif, kita akan lihat sebenarnya pasar turun. Nah, Avanza masih 14-15 ribu, itu sudah luar biasa. Tandanya masih kuat, masih diterima masyarakat Indonesia,” kata Samulo.

Pada 2013, total penjualan Avanza mencapai 213.458 unit. Selama Januari-Juli 2014, Samulo mengatakan sudah menembus 100.000 unit. Di semester kedua (Juli-Desember 2014) laju Avanza diyakini bisa menggapai target 40 persen pangsa pasar segmen MPV bawah.

“Kita tetap berharap total Avanza (2014) tidak jauh dari tahun lalu. Tapi perlu dipahami total pasar mengecil tahun ini jadi ada perngaruhnya juga,”  tutup Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com