Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Buktikan Ketangguhan Pikap di Meksiko

Kompas.com - 11/08/2014, 08:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Toyota mau membuktikan ketangguhan pikap terbaru, Tundra TRD Pro untuk pasar Amerika dan sekitarnya. Satu-satunya langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengikuti kompetisi balap off-road bertajuk "Baja 1000", sesuai karakter pikap kabin ganda tersebut.

Balap khusus pikap ini akan berlangsung di Jazirah Baja, Baja California, atau California Hilir. Merupakan semenanjung di bagian barat Meksiko, membentang 1.250 km dari Tijuana di bagian utara hingga Cabo San Lucas di selatan, memisahkan Samudra Pasifik dengan Teluk California.

Medan yang ditempuh berupa tanah dan padang pasir sepanjang 1.000 mile (1.609,3 km) dan butuh waktu 20 jam untuk menyenntuh garis finish. Kelas ini juga memperbolehkan peserta untuk melakukan modifikasi kecil. Mulai dari perubahan suspensi, termasuk mengganti per daun untuk bagian belakang, perlengkapan keselamatan, ban pacul, pencahayaan yang cukup untuk malam hari, dan kapasitas tangki bahan bakar dengan volume besar.

Beberapa faktor kunci yang menentukan sukses pada balapan ini adalah daya tahan sistem gerak pikap, kekuatan gardan, suspensi, dan semua ini menggunakan bawaan asli Toyota.

Toyota mengajak Ivan Stewart yang punya pengalaman lama bertarung bersama di ajang balapan serupa di era 1980-an. Pada 1991, Toyota dan Stewart pernah mengikuti Baja 500 dan berhasil menang. Kini, Stewart akan menjadi mentor tim Tundra, terdiri dari empat pebalap dan seorang navigator, di mana dua di antaranya merupakan mekanik Toyota dan TRD.

Toyota/Leftlane Menempuh jarak sekitar 1.000 mil.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com