Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Super Duty Terbakar Saat Pengujian

Kompas.com - 05/08/2014, 16:29 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

California, KompasOtomotif — Pengujian Ford Super Duty 2016 berakhir tragis. Prototipe itu terbakar, lalu meledak, dan hangus tak tersisa saat sedang diuji di Dead Valley, California, Amerika Serikat.

Worldcarfans Ledakan terjadi setelah api menjalar ke sektor mesin
Proses begitu cepat. Hanya dalam waktu 3 menit, api mulai timbul, mesin meledak, hingga api melahap semua bagian mobil. Karena nyaris semua komponen hancur, sulit bagi tim investigasi Ford menyelidiki penyebab munculnya api.

Seperti dilansir Worldcarfans, Selasa (5/8/2014), api awalnya terlihat di sisi pengemudi, lalu dengan cepat menyebar ke bagian depan. Api menjalar ke seluruh bodi, dan tak lama muncul ledakan, hingga membuat mobil sekejap berubah menjadi tumpukan baja cair dan aluminium.

Worldcarfans Hampir semua komponen Super Duty hangus terbakar.
Produsen yang bermarkas di Detroit itu masih berusaha mengumpulkan komponen yang tersisa. Mereka juga mengumpulkan informasi dari saksi, termasuk penguji. Beruntung, dua penguji yang bertugas masih sempat menyelamatkan diri dari kebakaran, tanpa mengalami cedera.

Super Duty 2016 disiapkan untuk bisa mengikuti jejak F-150, dengan mengadopsi kerangka baja yang kuat dan ringan serta panel bodi aluminium. Model ini juga diklaim menggunakan mesin dengan tingkat efisiensi yang tinggi untuk bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com