Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan "Fuel Cell" Toyota Dibanderol Rp 828,3 Juta

Kompas.com - 25/06/2014, 15:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation (TMC) akhirnya memperkenalkan tampilan eksterior versi produksi, dan harga jual dari sedan fuel cell (hidrogen). Rencananya, sedan dengan kadar emisi ramah lingkungan tersebut mulai dijual di pasar lokal Jepang, Amerika Serikat dan Eropa pada pertengahan 2015 mendatang.

Sedan berbahan bakar hidrogen tersebut awalnya hadir dalam model konsep, dan diperkenalkan kepada publik pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2013 lalu. Hanya berselang enam bulan, Toyota sudah merampungkan desain eksterior versi produksi, bahkan sudah menetapkan harga jual.

Buat pasar Jepang dibanderol 7 juta yen atau setara dengan Rp 828,3 juta (tidak termasuk pajak konsumsi). Fokus penjualan akan dimulai di wilayah dengan infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen yang sudah dikembangkan. Untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa belum ditentukan harga jual. Detail lebih rinci seperti spesifikasi, harga yang tepat dan target penjualan, akan diumumkan kemudian.

Meski ramah lingkungan, performa diklaim mirip dengan kendaraan bermesin bensin. Rata-rata jelajah mencapai angka 700 km, dengan waktu pengisian bahan bakar sekitar tiga menit. Saat dikendarai, mobil ini hanya menghasilkan emisi berupa uap air yang dihasilkan oleh reaksi antara hidrogen dan oksigen.

Kendaraan fuel cell berkontribusi pada diversifikasi bahan bakar mobil, tidak memancarkan CO2 atau zat-zat berbahaya bagi lingkungan selama beroperasi. Toyota meyakini teknologi ini memiliki banyak potensi, dan merupakan kendaraan ramah lingkungan yang ideal di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com