Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mobil 2014 Calon Legenda

Kompas.com - 27/01/2014, 18:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Hagerty

Michigan, KompasOtomotif - Nilai mobil baru biasanya akan menyusut setelah beberapa tahun setelah diluncurkan, namun hal itu tidak terjadi buat beberapa mobil spesial. Perusahaan asuransi mobil klasik, Hagerty, yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat, merilis daftar tahunan 10 mobil yang diramalkan menjadi kolektor hingga 25 tahun ke depan.

Terdapat beberapa syarat masuk dalam daftar. Mobil merupakan model 2014 dan diproduksi sebelumnya, harga di bawah 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar, dan diberikan pertimbangan khusus, yakni varian terbaru dari satu model bila tidak pernah masuk daftar Hagerty sebelumnya.

Berikut daftar 10 mobil calon legenda versi Hagerty:

1. Jaguar F-Type R
Pabrikan asal Inggris ini kembali “mengaum” dengan meluncurkan model sport F-Type. Memiliki mesin V8 dan sistem penggerak roda belakang. Menjadikannya salah satu pilihan yang layak sebagai mobil pengemudi. 

2. BMW sedan M5
Sedan ini dibuat dengan orientasi performa. Transmisi manual dinilai “old School” dan bisa cepat dinobatkan sebagai unit langka.

Autoblog Chevrolet COPO Camaro saat dilelang di gelaran Barret-Jackson di Arizona

3.Chevrolet COPO Camaro
Pernyataan Chevrolet yang menyebutkan COPO Camaro hanya akan diproduksi 69 unit sudah memberi jaminan kelangkaan di pasar. Model pertama sudah dilelang di Barrett-Jackson di Arizona.

4.Maserati Ghibli S
Varian sedan empat pintu, mesin V6, 3.0L, turbo ganda, mampu melontarkan tenaga 404 PS. Desain Ghibli yang sexy merepesentasikan sedan sport mewah.

5.Alfa Romeo 4C
Model sport 2-penumpang asal Italia harga “terjangkau”. Bobot hanya 952 kg merupakan salah satu keunggulan.

6.Chevrolet Corvette
Merek Corvette selalu menjadi favorit buat para kolektor. General Motors menggabungkan seluruh warisan teknologi dan fitur di dunia performa dalam satu model, Corvette. Kemungkinan merupakan salah satu mobil performa value for money.

House of Japan Nissan 370Z Nismo

7.Nissan 370Z NISMO
Varian terakhir dari kelas Z milik Nissan ini merupakan yang terhebat sepanjang garis keturunannya. 350Z dan 370Z masih menjadi pilihan buat para pecinta mobil sport Jepang.

8. Dodge Challenger Shaker
Dodge mengembalikan Challenger ke desain retro muscle car dengan mengenakan hood scoop besar di atas kap mesin. Salah satu mobil ikonis Amerika ini dipersenjatai mesin HEMI.

9. Jeep Wrangler Rubicon X
Berdesain klasik pada penampilan, namun premium pada fitur berkat kehadiran Electronic Vehicle Information Center (EVIC) yang bisa memonitor tekanan oli, temperatur transmisi dan pendingin, speedometer digital, tekanan angin setiap ban.

Autoevolution Ford Fiesta ST

10. Ford Fiesta ST
Adik kandung Focus ST ini ditujukan untuk konsumen usia muda yang ingin memiliki mobil kompak tapi tetap memiliki performa mumpuni. Kombinasi penampilan, handling, dan raungan knalpot menjadikannya salah satu pilihan tepat buat pecinta mobil.

“Kebanyakan mobil baru fokus pada teknologi mutakhir, mesin alternatif, dan berlomba untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tapi untuk mobil koleksi masa depan, harus memikat sejak pertama kali keluar dari jalur produksi. Mobil koleksi yang membuat anda keranjingan,” papar McKeel Hagerty, President dan CEO Hagerty

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com