Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj Indonesia Tidak Bisa Layani Pulsar 200NS

Kompas.com - 31/05/2013, 18:53 WIB

KompasOtomotif – Keputusan Bajaj India memasarkan dan ”memelihara” Pulsar 200NS dengan Kawasaki Indonesia, berdampak terhadap jaringan servis. Jika nanti Pulsar 200NS (nama yang akan digunakan belum diketahui) dipasarkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia, layanan purna jual dipastikan juga menjadi tanggung-jawab Kawasaki. 

Hal tersebut dikatakan oleh National Service Manager Bajaj Auto Indonesia, Jun Franco Purba saat berbincang santai dengan KompasOtomotif di sela-sela peresmian kerjasama Bajaj - Mr. Montir (31/5) di Jakarta Convention Centre, Senayan. Ia mengatakan, jaringan bengkel BAI tidak bisa menerima servis Pulsar 200NS.

Dijelaskan, ada 19 special tools Pulsar 200NS yang tidak dipunyai jaringan bengkel BAI. ”Kami memang tidak menyediakan special tools 200NS karena keputusan Bajaj India menelurkan produk itu untuk jaringan Kawasaki,” tambah Jun. Saat ini, bengkel-bengkel BAI menyediakan 49 special tool untuk Pulsar 180, Pulsar 220 dan Pulsar 135.  

”Misalnya baterai, menggunakan cairan berbeda. Pengetesan dilakukan saat dipakai. Ini membutuhkan perkakas  khusus. Ukuran mesin berbeda. Begitu juga dengan  garpu depan,” terang Jun.

Meski demikian, menurut pengakuan Jun, BAI sudah mendapatkan pelatihan tentang Pulsar 200NS dan sudah diturunkan ke bengkel-bengkel Kawasaki di Indonesia. Untuk selanjutnya, bengkel Kawasaki yang akan mengembangkan pelatihan ke mekanik lainnya. ”Menurut saya, sewaktu-waktu bisa saja saja berubah, BAI membantu servis. Jaringan Kawasaki juga tidak banyak,” sahutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com