Vario 125 Baru Tak ”Ngorok” Lagi, Apa Resepnya? - Kompas.com

Vario 125 Baru Tak ”Ngorok” Lagi, Apa Resepnya?

Kompas.com - 11/04/2013, 14:25 WIB
Agung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Di awal-awal kemunculan Honda Vario 125, banyak keluhan tentang suara ”ngorok” yang muncul saat di putaran awal mesin. Kini, PT Astra Honda  Motor mengklaim bahwa suara itu tak akan dijumpai lagi.

KompasOtomotif yang sehari-hari juga menggunakan Vario 125 menjajal Vario 125 baru dengan teknologi ISS, Rabu (10/4) kemarin. Ternyata, memang tidak ditemukan gejala yang sama setelah digeber. Produsen sayap mengepak cepat merespons keluhan dan memperbaikinya.

Menurut Sarwono Edi, Technical Sevice Training Manager AHM, permasalahan itu diindikasi muncul dari isapan angin akibat konstruksi kipas mesin yang terletak di bagian kanan (satu bagian dengan radiator). Sirip kipas Vario 125 mempunyai pin lebih panjang dibanding Vario lama atau PCX, dengan tujuan untuk membuat mesin lebih cepat dingin.

"Banyak kasus disebabkan karena kipas itu tadi, dan ada beberapa yang disebabkan crank yang sedikit longgar. Sebenarnya ini sama sekali tidak berbahaya dan mempengaruhi kinerja mesin. Tapi kebanyakan karena kipas, dan sudah lama kami ganti dengan yang lebih pendek. Dipastikan untuk produksi baru, tidak ditemukan suara 'ngorok' lagi," ujar Edi.

EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM