Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Agya-Ayla Mulai Menumpuk

Kompas.com - 08/02/2013, 18:12 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Meski masih menanti kelahiran regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), ternyata pelan-pelan produksi duet Astra Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah mulai bergulir di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, mulai akhir tahun lalu. "Produksi sudah berjalan sejak Desember (2012), tetapi jumlahnya masih sedikit untuk percobaan. Stok mulai ada, setiap bulan produksi, tinggal menunggu regulasi keluar saja," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta Selatan, hari ini (8/2/2013).

Dijelaskan, draf peraturan pemerintah (PP) yang sudah dirumuskan sudah sampai di meja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. "Saya rasa tidak lama lagi akan dikeluarkan, tinggal tunggu satu sampai dua bulan setelah diteken, akan diluncurkan," beber Johnny.

Kelahiran LCGC ke pasar mobil nasional, menurutnya, berpotensi mendongkrak lagi total penjualan dari 10 persen yang ditargetkan tahun ini. Selain itu, kehadirannya akan menambah kontribusi segmen mobil kompak (citycar dan hatchback) lebih besar lagi. "Kalau kira-kira pasar segmen mobil kompak itu 10 persen dari pasar, nantinya bisa meningkat jadi 20 persen melengkapi MPV yang masih dominan dengan 60 persen dan SUV 10-20 persen," lanjut Johnny.

Tahan

Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) mengaku terus mendapatkan antrean pesanan dari konsumen untuk Agya. Setidaknya, sudah masuk pesanan 20.000 unit dari konsumen di semua cabang penjualan Auto2000 di Indonesia.

"Saya harus rem pemesanan karena regulasinya belum juga keluar. Bulan lalu saja, saya masih dapat pesanan sampai 3.500 unit. Orang sampai memaksa untuk memberi uang pangkal (DP)," ungkap Jody kepada KompasOtomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com