Selasa, 16 September 2014

Otomotif


Ini Dia, Sosok Komplet Chevrolet Spin

Penulis: Agung Kurniawan | Jumat, 29 Juni 2012 | 14:48 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : Chevrolet | Author : -

    Sosok penuh Chevrolet Spin, lebih agresif dari kompetitor.

  • Sumber : Chevrolet | Author : -

    Komposisi tempat duduk beravariasi.

  • Sumber : Chevrolet | Author : -

    Interior terasa modern dan futuristik.

  • Sumber : Chevrolet | Author : -

    Sistem power train Spin di Brasil.

Jakarta, KompasOtomotif - PT General Motors Autoworld Indonesia (GM Indonesia) sudah memastikan akan memproduksi Chevrolet Spin di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, awal tahun depan. Kini, sosok multi purpose vehicle (MPV) penantang duet maut Toyota Avanza-Daihatsu Xenia ini mulai diperkenalkan di Sao Paulo, Brasil.

Seperti yang sudah diprediksi KompasOtomotif sebelumnya, GM akan memasarkan Spin pertama di Brasil baru kemudian Indonesia. Dari pabrik Sao Caetano do Sul di Brasil, GM akan memasok kendaraan ini ke negara lain di lingkup Amerika Selatan.

Martin Apfel, GM Southeast Asia President dalam pernyataan resmi yang diterima KompasOtomotif, hari ini (29/6/2012) mengatakan, "Chevrolet Spin dikembangkan berdasarkan kebutuhan pasar Asia Tenggara yang tumbuh dengan pesat dan memperkuat kehadiran Chevrolet di kawasan ini. Dengan desain yang unik, fleksibilitas dan harga yang terjangkau, Chevrolet Spin akan menjadi salah satu produk baru yang paling populer dari Chevrolet di tahun mendatang."

Agresif

Dari penampilannya, desain Spin terlihat paling "sangar" dibandingkan dengan merek lain yang mengisi segmen yang sama. Sebut saja, Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga atau Nissan Evalia. Tampilan ciri khas "split grille" pada wajah Spin mencirikan garis merah desain global yang ada pada model-model lain.

Spin memiliki sumbu roda wheelbase (jarak antara roda depan dan belakang) 2.620 mm dan memberikan ruang hingga tujuh penumpang. Bentuk kursi bergaya teater, bisa dilipat sampai 23 kombinasi posisi tempat duduk yang berbeda. Kapasitas bagasi mencapai 1.668 liter, dengan catatan kursi belakang dilipat.

Desain kabin Spin terlihat futuristik dengan panel instrumen dua warna (two-tone) memberikan kesan mewah. Aksen silver dan krom pada handel pintu, kemudi, tombol radio dan kontrol AC, tuas transmisi, tuas rem tangan, serta ventilasi udara mengesankan aura modern. Panel indikator memiliki font yang eksklusif dan lampu Blue Illumination seperti yang dapat ditemukan pada kendaraan Chevrolet lainnya. Spin juga memiliki port USB serta tachometer analog dan speedometer digital.

Di Brasil, Chevrolet membekali Spin dengan mesin baru 1.800 cc Econoflex bertenaga 109 PS. Fitur keamanan seperti dual Airbags dan rem Anti-Brake Lock System (ABS) juga dilengkapi sebagai opsi standar. Ada dua varian Spin, yakni LTZ dan LT dibedakan oleh fitur dan komposisi jok.

Untuk Indonesia, belum ada kepastian berapa kapasitas mesin yang dibekali, termasuk paket fitur apa saja yang dibekali. Meksi belum pasti, sepertinya rentang 1.400 -1.600 cc akan menjadi pilihan GM untuk Indonesia.


Editor : Bastian