Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inden Suzuki Ertiga di India Membludak

Kompas.com - 21/05/2012, 13:28 WIB

Tamil Nadu, KompasOtomotif - Suzuki India kebanjiran pemesanan Ertiga yang mencapai 32.000 unit  sebulan. Dari jumlah tersebut diperkiraan inden mencapai 6 bulan. Pasalnya, kapasitas pabrik hanya mampu memproduksi 6.000 unit perbulan. Tidak menutup kemungkinan waktu inden bisa berubah tergantung permintaan pasar.

Melihat gelagat ini timbul kekhawatiran akan berpengaruh pada pengiriman ke Indonesia karena India merupakan basis produksi Ertiga untuk Asia dan Indonesia dipasok dari sana. "Membludaknya permintaan pasar di India tidak mempengaruhi proses perakitan di Indonesia, karena kita sudah ada jatahnya sendiri jadi tidak perlu khawatir. Pasokan komponen sudah diamankan," bantah Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang dihubungi KompasOtomotif siang ini (21/5).

Sejak diluncurkan akhir April lalu, Davy menambahkan, SIS telah menerima pesanan 12.300 unit, beberapa sudah ke tangan konsumen dan menyisakan 10.000 unit. "Antrean di beberapa diler berbeda, ada yang sudah sampai September dan ada pula Oktober," ujar Davy. Saat ini SIS hanya mampu merakit 4.200 unit perbulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com