Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Biru Honda Civic Coupe dari IIHS

Kompas.com - 08/06/2016, 16:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Arlington, KompasOtomotif – Honda Civic 2-pintu (Coupe), mendapat rating terbaik dari hasil uji tabrak, yang dilakukan oleh lembaga penjamin keselamatan jalan raya Amerika, The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Seperti yang dirilis IIHS.org, Rabu (8/6/2016), nilai terbaik ini didapat Civic, salah satunya karena fitur keamanan front crash prevention system. Melaui fitur ini mobil bisa memberikan pencegahan terhadap kecelakan, di 12 mph (19,3 kpj) dan 25 mph (40,2 kpj).

Selain tes tabrak kecil dari depan, Honda Civic Coupe ini juga diuji dengan lima pengetesan lain, dan semuanya mendapatkan penilaian “baik”. Ini sama seperti versi sebelumnya dengan nilai yang sempurna.

IIHS Proses pengetesan yang dilakukan pada Honda Civic Coupe.

Agar bisa memenuhi syarat untuk mendapat penghargaan dari IIHS, kendaraan roda empat yang dites, harus memiliki peringkat yang baik di lima tahap pengujian. Lebih dari itu, jika mobil masih ditambah sistem pencegahan kecelakaan pada bagian depan, akan semakin membuat mobil tersebut menjadi superior, seperti pada Civic ini salah satunya.

Dari hasil uji tersebut, pengemudi dummy (menyerupai manusia) masih memiliki ruang di antara kemudi, frame pintu dan panel instrumen, yang mengindikasikan kalau pengendara bisa dikatakan selamat dari kejadian. Selain itu, karena ruang kabin masih tetap terjaga, sehingga cedera pada kaki tidak akan terlalu parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com