Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diakali Produsen, IIHS Ubah Cara Uji Tabrakan

Kompas.com - 29/04/2015, 07:40 WIB
Los Angeles, KompasOtomotif - Lembaga asuransi independen Amerika Serikat (IIHS) yang biasa melakukan pengujian tabrakan untuk mobil-mobil yang dipasarkan di AS, akan melakukan perubahan pada program standar uji tabrak. Perubahan pola ini dilakukan untuk sebagai cara untuk melawan akal-akalan produsen yang menjalani uji tabrak.

IIHS mengumumkan kecurigaannya terhadap beberapa mobil yang telah diperkuat pada sisi kiri bagian depan. Ubahan tersebut dilakukan untuk mencapai hasil maksimal saat melewati tes tabrak depan.

Program tes IIHS diperkenalkan pada 2012 sebagai percobaan uji tabrak yang lebih menantang dengan skenario tabrak yang lebih banyak. Mobil ditabrakan pada benda berat pada kecepatan 60 kpj. Pusat tumbukan hanya 40 persen dari lebar kendaraan, mendekati pusat bodi mobil.

Untuk mencegah upaya manipulasi bodi pada mobil saat akan diuji, IIHS akan mulai menguji model tertentu dengan menitik beratkan tumbukan pada sisi kanan kendaraan. Demikian dilansir Autoguide, Rabu (29/4/2015).

Upaya ini perlu dilakukan IIHS untuk menjaga kredibilitas pengujian, agar mobil yang diuji tabrak mendapatkan hasil yang sama dengan realita di jalanan. Selain itu, agar tetap menjaga konsumen saat memilih mobil terbaik dari sisi keamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com