Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru WRX Terbaru Raih Rating Aman IIHS

Kompas.com - 06/05/2014, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber autoguide

Virginia, KompasOtomotif - Mobil yang dikembangkan dengan DNA reli dunia, Subaru WRX edisi 2015,  baru saja mendapatkan rating tertinggi uji keamanan kendaraan usai menjalani serangkaian pengetesan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Tidak mudah buat mobil bermesin jenis boxer, 2.0 liter, bertenaga 270 PS, yang dilengkapi CVT ini masuk dalam kualifikasi mobil teraman. Setiap kendaraan yang diuji harus mendapatkan poin gemilang pada sesi uji tabrak depan, samping, atas, serta uji daya tahan. Setelah itu penilaian berlanjut ke berbagai ujian “kecil” lainnya.

Autoblog Subaru WRX 2015 sedan

Sebagai perlengkapan standar, WRX punya tujuh kantong udara, termasuk di bagian bawah untuk melindungi lutut pengendara. Perlindungan lebih maksimal dengan sasis yang telah diperkuat ditambah jok sport plus sandaran kepala yang didesain untuk menahan benturan.

WRX berhasil mendapatkan rapor bagus di setiap kategori, namun masih belum sempurna sebab ada beberapa hal yang menjadi kendala. IIHS mengatakan, WRX tidak memiliki teknologi untuk menghindari kecelakaan. Setiap kendaraan yang diuji setidaknya harus mendapatkan nilai “standar” ketika diuji dengan kategori itu.

Hal lain dari hasil penelitian mengungkapkan, saat boneka tes menghadapi tumbukan dari depan, kantong udara tidak bisa menahan bagian kepala seutuhnya. Masih ada sebagian yang menyentuh kemudi. Ditambah lagi, kaki kiri pengendara berpotensi mengalami cedera.

Meski demikian, enam unit WRX yang telah diuji tetap dinobatkan menjadi top safety pick IIHS. Tiga di antaranya mendapatkan penilaian top safety pick plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com