Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Subkompak Paling Aman Versi IIHS

Kompas.com - 22/01/2014, 18:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autoblog

Arlington, KompasOtomotif – Hanya satu dari 11 mobil subkompak yang lolos uji dan mendapat nilai tinggi pada tes tabrak Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Mobil tersebut adalah Chevrolet Spark dengan predikat ”acceptable” atau  bisa diterima sesuai standar yang ditetapkan lembaga independen itu.

Tes dilakukan dengan menabrakkan bagian depan mobil pada kecepatan 65 kpj dengan small overlap test yang diperkenalkan sejak 2012. Tujuannya, untuk mengetahui kekuatan mobil saat menabrak obyek dari arah depan seperti mobil, pohon atau tembok. Dua puluh lima persen dari panjang bodi dihempaskan ke tembok! 

IIHS Hasil lengkap tes tabrak IIHS melibatkan 11 mobil kompak.

Pada rilis (22/1/2013), disebutkan, tes ini lebih sulit dilewati dibandingkan tes konvensional pemerintah. Kendaraan harus mampu menyerap energi benturan dari depan dengan struktur yang bagus untuk melindungi penumpang. Sebagian produsen bekerja untuk ini dan menemukan solusinya.

”Kecil dan ringan, faktor keamanan pada mobil mini harus dipikirkan lebih seksama. Sayang, di kategori ini beberapa merek tidak menunjukkan performa bagus," jelas Joe Nolan, Senior Vice President IIHS.

Peranti Keamanan
Dijelaskan, tujuh dari 11 mobil yang dites. jarak antara kantung udara saat mengembang dengan posisi penumpang terlalu jauh. Sabuk pengaman juga tidak bisa melindungi atau menahan dummy di tempatnya secara maksimla. Kepala pengemudi langsung membentur kantung udara.

Ironisnya, kantung udara samping yang memainkan peran penting pada tes ini juga tidak sepenuhnya melindungi penumpang pada delapan mobil. Bahkan kantung udara samping pada Toyota Yaris tidak mengembang.

Mengejutkan, dua hasil buruk justru diperoleh Honda Fit (Jazz) dan Fiat 500. Pada Fit, kepala boneka tes terlempar dengan mudah ke depan (menuju kantung udara). Bahkan membentur panel instrumen. Sementara Fiat 500, pintu di sisi pengemudi langsung terbuka ketika terjadi benturan.

* Hasil lengkap lihat foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com