Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maruti Suzuki Berniat Buka Pabrik di Afrika

Kompas.com - 28/04/2016, 17:07 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Maruti Suzuki India Limited (MSIL) di India berencana memperluas kerjasama perusahaan dengan memperluas cakupan pasar. Perusahaan gabungan andara Maruti dan Suzuki ini berencana membangun pabrik perakitan di Benua Afrika.

 

Rencana ini sebenarnya sudah terungkap sejak 2012 lalu, tapi sampai saat ini belum juga terlaksana. Seperti dilansir laman Rushlane.com, Rabu (27/4/2016), pihak MSIL dalam pertemuan dengan media, perusahaan belum mengambil keputusan final. Kabar terbaru yang disampaikan, kalau MSIL masih melakukan studi mengenai hal tersebut.

“Saat ini kami sudah mulai dalam tahap pembahasan mengenai studi kelayakan pabrik perakitan,  yang akan dibangun di Afrika. Di sana, mobil dengan kapasitas kecil dan harga murah, lebih banyak diminati,” ujar Kenichi Ayukawa, Managing Director MSIL.

Ayukawa melanjutkan, pembangunan pabrik perakitan baru di Afrika, masih dalam tahap awal perencanaan. Pihaknya akan menargetkan pasar baru di benua terbesar nomor tiga di dunia tersebut.

MSIL saat ini mengekspor produknya ke Aljazair, Mesir dan Afrika Selatan. Pada tahun 2015 lalu, Maruti Suzuki berhasil mengirimkan 123.897 unit. Angka tersebut tentu akan semakin meningkat, jika pembangunan pabrik baru di Afrika terealisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com