Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPKLU Mobil Listrik Kini Tersedia 21 Rest Area Jasa Marga

Kompas.com - 28/10/2024, 19:12 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan meningkatnya penggunaan mobil listrik listrik di Indonesia, keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalan tol menjadi semakin penting.

Ketersediaan SPKLU di sepanjang jalur tol tidak hanya mendukung pengemudi kendaraan listrik, tetapi juga mendorong transisi menuju mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

PT Jasamarga Related Business (JMRB) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan di seluruh Rest Area Travoy. Salah satunya, dengan terus berinovasi dari segi pelayanan hingga infrastruktur.

Baca juga: Alasan kenapa Bengkel Mencari Kerusakan Mobil padahal Tak Diminta

Kini, terdapat 21 Rest Area Travoy di Pulau Jawa yang telah tersedia SPKLUDok. Jasa Marga Kini, terdapat 21 Rest Area Travoy di Pulau Jawa yang telah tersedia SPKLU

Toll Road Facilities Operation General Manager PT JMRB, Tria Oktaviani mengatakan, pada tahun 2024 ini PT JMRB telah gencar melakukan berbagai inovasi di Rest Area Travoy.

"Kami juga ikut mendukung langkah pemerintah dalam upaya menekan polusi udara dan percepatan kendaraan Listrik dengan menambah SPKLU di Rest Area Travoy. Kini, terdapat 21 Rest Area Travoy di Pulau Jawa yang telah tersedia SPKLU," ujar Tria, dalam keterangan resmi (28/10/2024).

Sebagai informasi, sebanyak 49 titik SPKLU tersebar di Rest Area Jasa Marga Group, 21 di antaranya berada di Rest Area Travoy.

Baca juga: Ini Tujuan Mobil Presiden Maung MV3 Garuda Masuk Bengkel di Magelang

Mulai Rest Area Travoy KM 88A dan KM 88B ruas Cipularang-Padaleunyi dan Rest Area Travoy KM 207A ruas Palimanan-Kanci. Lalu Rest Area Travoy KM 360B, KM 379A, KM 389B dan KM 391A ruas Batang-Semarang.

Kemudian ada Rest Area Travoy KM 519A, KM 519B, KM 538A, KM 538B, KM 575A dan KM 575B di ruas Solo-Ngawi.

Selanjutnya ada Rest Area Travoy KM 579A, KM 579B ruas Ngawi-Kertosono, Rest Area Travoy KM 66A, KM 66B dan KM 84A ruas Pandaan-Malang.

Baca juga: Tanda Kampas Kopling Mulai Menipis pada Mobil Manual

Kini, terdapat 21 Rest Area Travoy di Pulau Jawa yang telah tersedia SPKLUDok. Jasa Marga Kini, terdapat 21 Rest Area Travoy di Pulau Jawa yang telah tersedia SPKLU

Serta, Rest Area Travoy KM 792A, KM 792B di ruas Gempol-Pasuruan dan terakhir Rest Area Travoy KM 725A ruas Surabaya-Mojokerto.

Selain itu, Rest Area Travoy menurutnya juga telah memberlakukan rest area monitoring system (RAMS) sebagai salah satu sistem pengawasan menggunakan teknologi CCTV yang berfungsi untuk menghitung dan mengawasi jumlah kendararaan.

Nantinya, hasil perhitungan kendaraan ini akan ditampilkan pada Variable Message Sign yang berada di pintu masuk rest area dan terkoneksi dengan aplikasi Travoy.

"Dengan adanya RAMS ini, pengunjung bisa dengan leluasa melihat kapasitas Rest Area Travoy sehingga meminimalisir adanya penumpukan volume kendaraan," ucap Tria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau