Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Sebut Penjualan Fazzio Telah Mengalahkan Mio

Kompas.com - 13/10/2024, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak meluncur pada 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan bahwa Yamaha Fazzio telah menjadi salah satu tulang punggung penjualan.

Popularitasnya bahkan mulai menyaingi Mio, skutik generasi awal yang hadir pertama kali pada 2004.

Yamaha juga mengklaim, Fazzio menjadi magnet perhatian dan viral di media sosial ketika launching dua tahun lalu.

Baca juga: Bus Baru Adhi Putra, Legacy SR3 FE Suites Class Mesin Depan

Setelah meluncur pertama kali pada 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan model baru Fazzio dengan tampilan lebih segar dan menarik.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Setelah meluncur pertama kali pada 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan model baru Fazzio dengan tampilan lebih segar dan menarik.

Bahkan ketika itu, Fazzio juga membukukan catatan penjualan tercepat pertama secara inden online di e-commerce setelah meluncur, yaitu sebanyak 1.000 unit dalam waktu 5 jam.

“Selain Maxi, kategori klasik kami sebut itu menjadi second pillar dalam penjualan,” ujar Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta (11/10/2024).

Dyon juga mengatakan, kehadiran varian baru Fazzio Hybrid memperluas segmentasi pasar skutik bergaya klasik ini, dari harga murah sampai harga mahal.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet di Tanjakan

“Sehingga konsumen yang tadinya sulit beli sepeda motor yang bagus, yang mahal, sekarang harganya pas tidak beda jauh dari yang entry level,” ucap Dyon.

“Iya, ini penjualannya sudah di atas Mio, kami sebutnya Mio M3. (Penjualan di kategori klasik) sekarang masih Grand Filano, tapi mungkin sebentar lagi disusul. Ini besar sekali di Bali, Sulawesi, Medan. Jakarta dan Bandung juga mulai besar,” kata dia.

Sebagai informasi, penjualan motor secara nasional pada September lalu mencapai 528.715 unit, atau turun 7,8 persen dibandingkan Agustus sebelumnya sebanyak 573.886 unit.

Melihat segmentasinya, motor skutik masih mendominasi penjualan pada September 2024 dengan komposisi mencapai 90,16 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau