Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Toyota Bawa Fortuner Hybrid ke Indonesia

Kompas.com - 06/09/2024, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan New Fortuner di Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2024). Sport utility vehicle (SUV) dari Toyota ini hadir dengan pembaruan dari sisi eksterior, interior dan fitur.

Berbeda dengan pasar Afrika Selatan yang sudah menghadirkan Toyota Fortuner versi Mild Hybrid. TAM masih menggunakan mesin lama untuk New Fortuner, yakni mesin 1GD berkapasitas 2.800 cc turbo diesel dan mesin bensin 2.700 cc.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi menjelaskan alasan pihaknya belum membawa varian hybrid ke Indonesia.

Baca juga: Simak Perbedaan Tiga Tipe Toyota New Fortuner

“Saya tidak bisa komentar, karena semuanya masih dalam studi. Perkenalan dari hybrid untuk mobil Fortuner di seluruh dunia kan masih ada dua jalur, satu jalur seperti Afrika Selatan mild hybrid, tapi perlu dicatat bahwa ini mild hybrid bukan full hybrid. Asia Thailand kita masih mempertahankan yang ini,” ucap Anton, di Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2024).

Toyota tidak menutup kemungkinan bakal menghadirkan Fortuner hybrid di Indonesia. Hanya saja, pihaknya masih mempelajari teknologi yang tepat untuk mengurangi dan menurunkan emisi gas buang.

“Ke depannya kita mempelajari untuk mengurangi karbon dan menurunkan emisi. Contohnya satu teknologi yang menguntungkan itu flexy fuel dibanding mild hybrid. Karena mild hybrid penurunan emisi tidak terlalu banyak,” kata Anton.

“Kalau flexy Bio Solar B30 B35 atau lebih tinggi bisa menurunkan emisi dan bahan bakar kebutuhan impor jauh lebih banyak. Pilihan ini harus dipertahankan dan flexy fuel bisa dipertimbangkan,” lanjutnya.

Toyota Fortuner MHEVtoyota.co.za Toyota Fortuner MHEV

Sebagai informasi, Toyota Fortuner hadir dengan dua pilihan mesin 1GD berkapasitas 2.800 cc turbo diesel yang di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 201 Tk pada 3.400 rpm dan torsi sebesar 499,1 Nm pada putaran 1.600 sampai 2.800 rpm.

Ada juga pilihan mesin bensin 2.700 cc dengan output 160 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 245 pada 4.000 rpm. Ada beberapa tipe yang tersedia mulai dari mulai dari GR Sport 4x4, sampai pilihan penggerak roda, 4x2 dan 4x4.

Baca juga: Penjualan Drop, VW Akan Tutup 2 Pabrik buat Selamatkan Keuangan

Beberapa tipe yang tersedia mulai dari mulai dari GR Sport 4x4, sampai pilihan penggerak roda, 4x2 dan 4x4.

Bicara soal harga, New Fortuner dibanderol mulai Rp 614.000.000 untuk tipe 2.7 SRZ, hingga Rp 761.700.000 untuk tipe tertinggi yakni 2.8 GR-S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau