Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Adakah Merek Mobil Listrik Lokal?

Kompas.com - 06/09/2024, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan mobil listrik di Indonesia bagai pedang bermata dua. Beberapa pihak beranggapan Indonesia jangan hanya jadi tempat jualan tapi juga jadi pelaku industri.

Pada segmen sepeda motor lisrik ada Gesits sebagai merek motor listrik lokal. Sedangkan di segmen roda empat ada Mobil Anak Bangsa (MAB), yang merupakan perusahaan bentukan Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI.

Baca juga: Jangan Asal Injak Pedal Gas Mobil Matik CVT Saat di Tanjakan

Namun perusahaan Moeldoko tersebut bisa dikatakan baru terjun pada manufaktur kendaraan komersial baik bus dan truk listrik. Belum ada merek yang fokus pada mobil listrik.

Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.

Sekretaris Jenderal Periklindo, Tenggono Chuandra Phoa, mengatakan, era kendaraan listrik saat ini terbuka lebar kalau ada perusahaan lokal ingin buat mobil listrik nasional.

"Ini sangat terbuka punya MAB itu nasional. Kita salut bahwa sasis kendaraan itu yang paling susah, diproduksi di Indonesia," kata Tenggono yang ditemui di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Saya yakin nanti akan banyak yang ikut produksi juga menjadi nasional," ujarnya.

Baca juga: Pasar Melambat, Peluncuran Avanza Hybrid di RI Masih Tertunda?

Motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/Dio Motor listrik Gesits Raya G

Bicara peluang, pasar mobil listrik di Indonesia dipercaya bakal terus meningkat. Penjualan mobil listrik 2024 diyakini bisa tembus 30.p00 unit atau naik hampir dua kali lipat dari tahun 2023.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perioade Januari-Juni 2024 mobil listrik berhasil terjual 11.940 unit. Naik 104,13 persen dibanding periode sama pada 2023 yaitu 5.849 unit.

Kendati demikian, meski target tahun ini tercapai penjualan mobil listrik baru masih jauh dari target pemerintah yang sebesar 50.000 unit hingga akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau