Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Kelas Super Top Bus PO Rosalia Indah, Kursi Super Nyaman

Kompas.com - 02/09/2024, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kelas Super Top jadi salah layanan bus AKAP unggulan milik PO Rosalia Indah. Super Top merupakan salah satu kelas yang tersedia di bus tingkat premium milik PO berbasis di Palur, Jawa Tengah tersebut. 

Kursi kelas Super Top punya berbagai keunggulan untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan. 

Adapun layanan Super Top tersedia pada bus yang melayani rute Jakarta - Solo- Madiun. Bus dengan spek mewah untuk mengisi rute ini hanya tersedia dua unit saja, salah satunya dengan nomor lambung 130. 

Bus Double Decker PO Rosalia Indah dengan bodi Legacy SR3 KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Double Decker PO Rosalia Indah dengan bodi Legacy SR3

Bus tingkat tersebut menggunakan balutan bodi SR3 Legacy buatan Karoseri Laksana yang digendong oleh sasis premium dari Scania K410CB.

Pada dek bawah, kelas Super Top tersedia pada area belakang kursi First Class atau bangku sleeper. Sementara itu, pada dek atas semuanya merupakan layanan Super Top. 

Baca juga: Langkah Efektif Hindari Kerusakan AC pada Mobil Eropa

Bus Rosalia Indah Dek BawahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Rosalia Indah Dek Bawah

Masing -masing penumpang kelas Super Top akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang lengkap agar betah duduk berjam-jam selama perjalanan. 

Kursi penumpang kelas Super Top sendiri hadir dengan model reclining jumbo, maka dari itu penumpang akan nyaman serasa seperti dipeluk saat duduk. Namun fitur reclining untuk mengantur kemiringan punggung pada setiap kursi masih manual belum elektrik. 

Kemudian, lantaran ukurannya jumbo, maka kursi penumpang di dek atau bawah menggunakan konfigurasi 2-1.  Setiap kursi punya fasilitas meja lipat, cup holder, AVOD, serta sandaran kaki.

Sandaran kaki tersebut juga multifungsi, sebab bisa digunakan sebagai ruang kompartemen menyimpan sepatu penumpang. USB port juga tesedia di masing-masing kursi dan area louver AC. Serta ada juga USB port dan USB C to USB C.

Bus Rosalia Indah Kelas Super Top Dek AtasKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Rosalia Indah Kelas Super Top Dek Atas

Baca juga: Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus, Harga mulai Rp 299.000

Setiap penumpang juga akan diberikan selimut, bantal dan air minum. Lalu, penumpang akan mendapatkan jatah makan satu kali di rest area Rosin yang berlokasi di Subang, Jawa Barat. 

Sama seperti layanan First Class, sekitar dua jam sebelum tiba di rest area, Pramugari yang bertugas akan menghampiri setiap penumpang kelas Super Top sambil membawa buku menu. Pada buku menu tersebut, penumpang bisa memilih santapan yang akan di makan untuk di rest area. 

Ruang makan khusus penumpang Super Top dan First Class di rest area Rosin SubangKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Ruang makan khusus penumpang Super Top dan First Class di rest area Rosin Subang

Baca juga: Kloning Rolls-Royce Phantom di China, Interior Mirip Binguo EV

Begitu tiba di rest area, penumpang bisa langsung bersantap menu yang sebelumnya sudah di data oleh Pramugari.

Untuk penumpang First Class dan Super Top makan di ruangan khusus yang sudah disiapkan, Sehingga penumpang terasa lebih eksklusif saat menikmati hidangan. 

Bagi yang berminat menjajal kelas Super Top pada  bus tingkat Rosalia Indah  rute Jakarta - Madiun ini harga tiketnya Rp 415.000. Sementara itu, kelas Sleeper atau First Class dibanderol Rp 540.000. Namun tarif akan berubah tergantung lokasi naik dan turun penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau