Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sepak Terjang Paolo Pavesio, Pengganti Lin Jarvis di Yamaha

Kompas.com - 02/09/2024, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.comPaolo Pavesio resmi diangkat jadi Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR), dan akan menggantikan sosok Lin Jarvis terhitung pada 1 Januari 2025.

Banyak yang ragu transisi dari Javis kepada Pavesio akan berjalan mulus sebab pria asal Italia tersebut sebetulnya tidak pernah secara aktif berada di paddock MotoGP.

Baca juga: Sinyal Fortuner Facelift Meluncur di Indonesia, Ini Bocoran Ubahannya

Meski demikian Pavesio memang lama di Yamaha Eropa dan memimpin restrukturisasi operasional Yamaha Motor Europe (YME) di bidang Pemasaran dan Motorsport.

Lin Jarvis dan Valentino Rossi.
MOTORCYCLENEWS.COM Lin Jarvis dan Valentino Rossi.

Beberapa langkah Pevesio di Divisi Motorsport ialah melakukan restrukturisasi besar-besaran dan berhasil mengamankan gelar Kejuaraan Dunia di WorldSBK, EWC, serta MXGP.

Latar belakang Pavesio yang lama di bidang marketing seolah diragukan di MotoGP. Samun sebetulnya Lin Jarvis juga pernah berada di departemen yang sama.

Jarvis pernah bekerja di departemen Yamaha Eropa di Belanda, selama enam tahun sebelum bergabung dengan tim Yamaha MotoGP pada tahun 1999.

Baca juga: Update Harga LSUV Bekas September 2024, Terios mulai Rp 76 Jutaan

Paolo Pavesio, Managing Director Yamaha Motor Racing 2025.Foto: Yamaha Paolo Pavesio, Managing Director Yamaha Motor Racing 2025.

Satu yang pasti tugasnya akan berat. Pavesio akan mengelola transisi yang sedang berlangsung di Yamaha dan hubungannya dengan tim satelit baru Prima Pramac Racing yang sebelumnya bersama Ducati.

Pramac sendiri disebut akan mengumumkan penandatanganan dua pebalap barunya tak lama lagi yang ditengarai ialah Miguel Oliveira dan Jack Miller.

Meski Pavesio dirumorkan kurang “cocok” dengan pebalap baru Pramac tersebut, Yamaha ingin Pramac berfungsi sebagai 'laboratorium tim' untuk mempercepat pengembangan motor Yamaha YZR- M1.

Baca juga: Skutik Kawasaki Brusky 125, Mirip Honda Vario 125

Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.Dok. Yamaha Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Dilansir dari Motorsport, sehingga pilihan untuk merekrut pebalap berpengalaman alias senior harus dilakukan.

Yamaha juga berupaya memperkuat tim pebalap penguji dan bermaksud merekrut pebalap Tech3 saat ini Augusto Fernandez untuk bergabung dengan Cal Crutchlow, yang telah mengalami cedera sejak awal tahun.

Pavesio juga akan mengatur struktur Moto2 untuk tahun 2025, di mana Yamaha akan melanjutkan kolaborasi jangka panjang dengan VR46 Racing Team.

Baca juga: Pebalap Komentari Insiden Bagnaia dan Alex Marquez di Aragon

Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024

Pavesio akan memiliki tanggung jawab besar, karena Jarvis telah menjadi bagian penting dari kesuksesan Yamaha di MotoGP dalam 26 tahun terakhir.

Sebelum mengangkat Pavesio, Yamaha merekrut sejumlah insinyur dan teknisi senior dari Ducati yaitu Marco Nicotra dan Massimo Bartolini.

Nicotra meninggalkan Ducati untuk menjadi Kepala Aerodinamika Yamaha sedangkan Bartolini sebelumnya menjabat sebagai Vehicle Performance Engineer di Ducati kini jadi Direktur Teknis baru Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau