Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Mobil yang Akan Digunakan Paus Fransiskus di Indonesia

Kompas.com - 30/08/2024, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi gereja Katolik, dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Berbagai kesiapan untuk menyambut dan melayani Paus Fransiskus di Indonesia, salah satunya adalah Popemobile atau mobil kepausan yang akan digunakan Paus Fransiskus untuk bertemu dengan para umat di Tanah Air.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @teraskatolik.official, tampak popemobile yang digunakan merupakan Pindad Maung buatan buatan PT Pindad (Persero).

Baca juga: Ada Hubungan Antara AC Toyota Starlet Kotak dan Avanza

Mobil ini juga terlihat memakai pelat nomor khusus, yakni SCV 1 singkatan dari Status Civitatis Vatcanae 1 atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan 1.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, tidak membantah popemobile menggunakan mobil Pindad Maung. Namun demikian dia tidak bisa memberikan keterangan teknis.

“Nanti ya, saya report ke Panitia gerejanya apakah ok atau tidak,” ujar Abraham kepada Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by T3RKA ReborN! (@teraskatolik.official)

Pindad Maung yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus tampak sudah dimodifikasi, dibalut kelir putih dengan atap terbuka.

Pada bagian belakang terdapat kanopi besar yang cukup Paus Fransiskus berdiri ketika menyapa umat di Indonesia. Namun, belum ada konfirmasi apakah atap tersebut anti peluru atau tidak.

Sementara di kabin belakang terdapat sofa tunggal yang berada di tengah dan bisa diputar. Selain itu, ada juga kursi lipat pada sisi kiri dan kanan bagian belakang.

Mobil ini juga sudah dibekali tangga untuk memudahkan akses naik-turun Paus Fransiskus dari kendaraan.

Menyoal spesifikasi Pindad Maung, merupakan kendaraan taktis (rantis) yang dirancang guna mendukung operasi jelajah medan sulit dan kendaraan untuk mengangkut personel dengan daya tampung 4 orang.

Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI ADRANTIS MAUNG/PINDAD Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI AD

Baca juga: Komposisi Kredit Motor Listrik Tahun Ini Baru 5 Persen

Maung memiliki dimensi dengan panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter dengan wheelbase atau jarak sumbu roda 2,8 meter.

Mobil ini ditenagai mesin diesel 1.900 cc dengan daya 136 Tk. Pindad Maung dapat melaju pada kecepatan 120 Kpj dengan jarak tempuh mencapai 650 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau