Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Coating Bodi Mobil, Jangan Asal Cuci

Kompas.com - 28/08/2024, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara buat menjaga tampilan bodi mobil tetap klimis adalah dengan dipoles lalu diberikan coating. Coating bermula dari cairan yang mengeras, bisa melapis hasil bodi yang sudah klimis.

Tapi, seiring mobil digunakan sehari-hari, maka coating tadi bisa habis juga. Lalu bagaimana cara merawat lapisan coating di mobil?

Verdi, pemilik bengkel poles Dinasti Polish di Jagakarsa, Jakarta Selatan mengatakan, merawat bodi mobil yang sudah di-coating tidak perlu cara khusus, layaknya mobil biasa saja.

Baca juga: Jenis Mobil yang Dianggap Sulit Dilapisi Coating

Ilustrasi coating mobilDok.Canva Ilustrasi coating mobil

"Perawatan coating itu seperti biasa saja. Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari, habis hujan cukup disiram, tidak perlu diberi sabun," kata Verdi kepada Kompas.com belum lama ini.

Misalnya mau mencuci mobil pakai sabun, cukup gunakan yang food grade, seperti sabun cuci piring. Khawatirnya kalau sabun khusus mobil, ada zat kimia sebagai pembersih yang malah melunturkan lapisan coating.

"Kalau pakai yang khusus, ada wax-nya, kadang ada kandungan cleaner yang kuat, kurang cocok dengan coating. Coating itu tidak sekeras pernis, jadi akan terkikis dan hilang," kata Verdi.

Baca juga: Tips Berkendara Menghindari Kejahatan Saat Malam Hari


Kalau merawatnya dengan benar dan dipakai sehari-hari, lapisan coating di mobil bisa bertahan enam bulan sampai satu tahun. Nantinya bisa dilapis ulang dengan coating, jadi kilau bodi tetap terjaga.

"Tes coating masih ada atau tidak, ceknya dengan siram air. Kalau masih ada efek daun talas (air langsung turun), maka masih ada coating," kata Verdi.

Terakhir, Verdi menyarankan mobil yang sudah di-coating untuk tidak diberi pembersih dengan bahan graphine, wax, dan sebagainya. Khawatir zat pembersih tadi malah bikin coating hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau