Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Jantung Mekanis Mitsubishi Triton Terbaru

Kompas.com - 28/08/2024, 09:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Triton hadir dengan wajah baru dan berbagai uabahan spesifikasi. Mesin baru menjadi sumber tenaga yang sangat menarik buat mobil ini. Saat ini Triton menguasai market share kendaraan niaga ringan single cab dan double cab di Indonesia.

Penguasaan tersebut terjadi karena Triton memang sangat disukai oleh pelaku bisnis. Sejak awal, Triton telah terbukti mampu membuktikan diri sebagai kendaraan kerja yang fungsional.

Triton telah menjadi andalan untuk bisnis tambang, perkebunan, oil dan gas. Perubahan baru yang ada di New Triton telah melewati berbagai ujian terlebih dahulu di Indonesia untuk memastikan bahwa ketangguhan yang sama tetap ada.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Triton Black Edition, Tampil Lebih Sporty


Guntur Harling, Manager Product Strategy PT MMKSI mengatakan Triton telah hadir di Indonesia sejak tahun 2002 dengan penerimaan sangat baik oleh konsumen.

“Berkiprah di Indonesia sudah lebih dari 20 tahun, Triton telah terjual lebih dari 147.000 unit, produk ini sangat diterima konsumen di Indonesia, khususnya di sektor perkebunan, pertambangan, maupun oil dan gas,” ucap Guntur dalam keterangan resmi, Kamis (18/7/2024).

Guntur mengatakan dalam kurun waktu 22 tahun Triton mendukung kesuksesan bisnis di Indonesia di sektor yang tadi disebutkan dengan 3 pilar utama, yakni durability, kemampuan offroad, dan ralliart.

Baca juga: Mitsubishi All New Triton Sudah Diuji di Area Pertambangan

Mitsubishi All New Triton resmi hadir di Indonesia Mitsubishi All New Triton resmi hadir di Indonesia

“Dengan konsep produk, yakni power of adventure and always reliable, produk ini memiliki 4 keunggulan yakni performa mesin, ketangguhan, kemampuan offroad, dan kenyamanan,” ucap Guntur.

Sebelum dihadirkan ke Indonesia, mobil ini terlebih dahulu diuji coba di alam ekstrem Indonesia pada April 2024.

New Triton adalah produk legendaris dari Mitsubishi Motors dengan reputasi keandalan yang telah terbukti selama 45 tahun secara global. Kendaraan ini mendukung berbagai aktivitas bisnis dan petualangan pelanggan dengan tagline “Turn ON the Beast Mode”.

Baca juga: Ikuti Tren, Mitsubishi All New Triton Kini Jadi Lebih Kekar

Mitsubishi All New Triton resmi hadir di Indonesia Mitsubishi All New Triton resmi hadir di Indonesia

Mobil ini mengusung konsep “Power for Adventure and Always Reliable” dengan desain kokoh khas Mitsubishi Motors. Desain eksteriornya menampilkan konsep Dynamic Shield dan lampu T-shape yang khas, serta bodi yang lebih besar dan solid untuk stabilitas dan ketangguhan. Desain interiornya modern dengan kontras tinggi dan fungsionalitas yang tinggi.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan New Triton memiliki perbedaan teknologi mesin dengan tipe sebelumnya.

“Dulu mesin 4D15 untuk HDX yang Ultimate 4N15. Pertama engine konstruksi, 4D56 sudah lama udah 35 tahun. Sekarang mesin baru yang bisa menghasilkan torsi optimal dari 1.000 Rpm,” ucap Rifat dalam keterangan resmi, Kamis (18/7/2024).

Baca juga: Spesifikasi Mitsubishi All New Triton Ultimate dan Daftar Harga

Mitsubishi Triton Black EditionDoc Carscoops Mitsubishi Triton Black Edition

Dengan kata lain, menurut Rifat, mobil ini bertenaga sejak awal jalan sampai mencapai torsi optimalnya.

“Ibaratnya, idle saja sudah ready to go, dulunya, final gear 4,0 sekarang sudah 4,6, kalau yang mengerti gigi mobil itu jauh banget. Horse power memang bukan segalanya, contoh mobil dengan torsi besar tapi cuma sampai gigi 3,” ucap Rifat.

Maka dari itu, menurut Rifat kombinasi torsi dan final gear yang ada pada New Triton tersebut, bisa dibilang sempurna untuk bekerja.

Model ini dilengkapi dengan mesin diesel turbo 2.4L terbaru (4N16 Euro 4) dengan tiga spesifikasi output yang berbeda, memberikan tenaga maksimum 184 PS atau 181,5 Tk dan torsi 430 Nm. Peningkatan pada chassis dan ladder frame memberikan peningkatan bending rigidity hingga 60 persen dan torsional rigidity hingga 40 persen.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan All New Triton dan New Pajero Sport di GIIAS 2024

New Triton dilengkapi dengan sistem Super Select 4WD-II dan tujuh mode berkendara. Fitur keselamatan termasuk ABS, EBD, AHB, FCM, BSW with LCA, RCTA, TPMS, HSA, ASTC, dan 7 airbag. Fitur kenyamanan mencakup Dual Zone Climate Control, wireless charger, 7-inch color LCD multi information display, dan banyak lagi.

Mobil ini tersedia dalam beberapa varian seperti Single Cabin GLX 4x2 M/T, Single Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin GLS 4x4 M/T, Double Cabin Exceed 4x4 M/T, dan Double Cabin Ultimate 4x4 A/T. Pilihan warna mencakup White Diamond, Graphite Gray Metalic, Jet Black Mica, White Solid, Blade Silver Metallic, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau