Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NJKB New Tucson Terdaftar di Samsat DKI, Ini Penjelasan Hyundai

Kompas.com - 26/08/2024, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kabarnya akan melengkapi jajaran model andalannya. Salah satunya dengan menghadirkan SUV yang dulu sempat ada, yakni New Tucson.

Bila dilihat dari situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta tentang info Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), Senin (26/8/2024), terlihat nama New Tucson ada dalam daftar tersebut.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Hyundai Kona Electric

Bahkan, terdapat dua varian, yakni hybrid dan non-hybrid. Untuk non-hybrid, New Tucson akan dibekali dengan mesin 2.0 L, dengan transmisi matik. Sedangkan untuk varian hybrid, New Tucson terlihat dibekali mesin 1.6 L.

NJKB Hyundai New Tucson sudah terdaftar di Samsat DKIDok. Samsat DKI Jakarta NJKB Hyundai New Tucson sudah terdaftar di Samsat DKI

Untuk NJKB New Tucson 2.0 L, tertera mencapai Rp 409 juta. Sedangkan NJKB New Tucson Hybrid, mencapai Rp 436 juta.

Harganya belum bisa diprediksi, tergantung apakah nantinya SUV ini akan diproduksi secara lokal (Completely Knock Down/CKD) atau didatangkan secara utuh (Completely Built Up/CBU).

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT HMID, mengatakan, banyak produk-produk Hyundai di Global yang mendapatkan perhatian publik dan bahkan penghargaan internasional.

Baca juga: Hyundai Siapkan Pikap Listrik, Pesaing Tesla Cybertruck

"Pastinya, Hyundai Motor Indonesia akan senantiasa memperbaharui dan menambah produk yang akan kami jual di Indonesia, seperti Santa Fe, Tucson, dan masih banyak lagi model lainnya," ujar Frans, saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/8/2024).

Tampak samping Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Tampak samping Hyundai Tucson generasi terbaru.

"Saat ini, kami sedang melakukan studi terhadap kebutuhan model-model terbaru kami. Selanjutnya, kami akan segera meluncurkan produk-produk terbaru Hyundai dalam waktu dekat ini," kata Frans.

Frans menambahkan, pihaknya ingin berkontribusi lebih di tengah kelesuan pasar otomotif di Tanah Air. Hyundai juga akan terus melakukan investasi demi kemajuan Indonesia seperti pabrik perakitan dan baterai listrik pertama di Indonesia.

Desain interior Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Desain interior Hyundai Tucson generasi terbaru.

Dikutip dari Hyundai.com, Senin (26/8/2024), New Tucson tersedia dalam varian mesin bensin, hybrid, mild hybrid, dan plug-in hybrid. Untuk varian yang masuk ke Indonesia, sepertinya adalah yang full hybrid.

Varian ini mengandalkan mesin konvensional 1.6 L, 4-silinder, bertenaga 212 Tk dan torsinya 367 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik yang memiliki tenaga 59 Tk dan torsi 265 Nm.

Tampak belakang Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Tampak belakang Hyundai Tucson generasi terbaru.

Soal fitur, tidak jauh berbeda dengan model Hyundai lainnya yang dipasarkan lebih dulu di Indonesia. New Tucson sudah dilengkapi dengan layar panel instrumen berukuran 12,3 inci dan layar head unit berukuran 12,3 inci.

Selain itu, terdapat juga head-up display, pengaturan Three Zone Climate dengan layar sentuh, Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) dengan Hyundai Smartsense, dan konektivitas smartphone dengan Hyundai Bluelink, serta masih banyak fitur lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau