Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Resmi Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025 dan 2026

Kompas.com - 21/08/2024, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri pembuka MotoGP kali ini tidak digelar lagi di Sirkuit Losail, Qatar. Mulai musim depan hingga 2026, Thailand yang akan menjadi tuan rumah untuk seri perdana.

Dikutip dari Motorsport.com, Rabu (21/8/2024), MotoGP telah mengumumkan bahwa Thailand telah mengambil alih Qatar sebagai tuan rumah untuk seri pembuka yang akan diadakan pada 2 Maret 2025.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Austria 2024, Bagnaia Bertahan di Puncak

MotoGP Thailand yang digelar di Sirkuit Buriram biasanya dijadwalkan pada akhir musim di bulan Oktober bersamaan dengan sebagian besar balapan di Asia dan Oseania, seperti Phillip Island (Australia), Mandalika (Indonesia), dan Sepang (Malaysia).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Qatar telah menjadi tempat tradisional untuk balapan pembuka musim selama hampir dua dekade terakhir.

Tapi, spekulasi yang berkembang dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa balapan ini dapat dipindahkan ke tanggal yang lebih baru untuk menghindari bulan suci Ramadhan.

Tanggal baru untuk balapan di Sirkuit Losail masih belum diumumkan. Untuk sesi tes pra-musim, kabarnya juga tidak akan digelar di Qatar, melainkan Thailand.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria 2024, Bagnaia Sempurna di Austria

Selain itu, negara Asia Tenggara ini juga akan mendapat kehormatan untuk membuka musim 2026 sebagai bagian dari kesepakatan dua tahun dengan promotor sirkuit dan pemerintah Thailand.

Chang international circuit, di Buriram, Thailand.Dok. Shutterstock/ Mooinblack Chang international circuit, di Buriram, Thailand.

“Kami sangat senang untuk mengungkapkan bahwa pembuka musim 2025 dan 2026 adalah Grand Prix Thailand di Buriram. Asia Tenggara adalah salah satu pasar terpenting kami, baik untuk olahraga ini maupun untuk pabrik dan mitra kami,” ujar Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

“Thailand memainkan peran utama dalam hal ini, dan semangatnya terlihat jelas dalam kerumunan besar yang kami nikmati di Buriram dari tahun ke tahun. Kami tahu mereka akan menciptakan atmosfer yang luar biasa untuk acara pertama musim ini," kata Ezpeleta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau