Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Diuji Jalan, Honda Pastikan e:N1 Dijual Semester I-2025

Kompas.com - 16/08/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan HR-V listrik atau yang punya nama asli Honda e:N1 akan mulai dijual pada semester pertama tahun depan.

Kini, kendaraan yang menjalani debut perkenalannya di ajang GIIAS 2024 tersebut sedang melakukan tes jalan untuk melihat keandalan dan kesesuaiannya sebagai mobil perkotaan di Indonesia.

"Iya (sedang) di tes jalan. Kita hanya tes internal saja, karena mobil juga sudah diproduksi massal di negaranya," kata Sales & Marketing and Aftersales HPM Yusak Billy kepada Kompas.com, Rabu (15/8/2024).

Baca juga: Honda Bajak Insinyur KTM, HRC Mulai Percaya Teknisi Eropa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yusak Billy - Honda Indonesia (@billyhondaid)

"Semester satu tahun depan (mulai dijual resmi), ya," lanjutnya.

Bagi Honda Indonesia, e:N1 akan menjadi produk pembuka lini produk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dari perseroan untuk pasar nasional. 

SUV listrik Honda ini pertama kali diperkenalkan di China pada 2022 dengan nama Honda e:NS1 dan e:NP1. Kemudian diperkenalkan untuk pasar Eropa pada pertengahan 2023 dengan nama Honda e:NY1.

Sementara untuk kawasan Asia Tenggara, model ini sudah diproduksi mulai akhir 2023 dan secara resmi diperkenalkan pada pasar Thailand pada awal 2024 lalu.

Baca juga: Hyundai Yakin Penjualan Mobil Tahun Ini Tak Sentuh 1 Juta Unit

Mobil listrik Honda e:N1 mulai di produksi di ThailandDok Honda - paultan.org Mobil listrik Honda e:N1 mulai di produksi di Thailand

"Sebagai mobil listrik SUV, Honda e:N1 cocok untuk digunakan di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki karakter jalan yang beragam," ucap Billy dalam kesempatan terpisah.

e:N1 sendiri, dirancang dengan bodi sepanjang 4,3 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1,5 meter dan wheelbase 2,607 meter. Dimensi tersebut identik HR-V yang dijual di Indonesia.

Mobil mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 68.8 kWh sehingga dapat digunakan untuk jarak tempuh maksimum 500 kilometer sekali pengisian daya. Pengisiannya bisa dilakukan secepat 50 menit dari nol hingga 80 persen menggunakan teknologi fast charging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau