Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pereli Asal Indonesia Raih Hasil Gemilang di Sesi Pembuka AXCR 2024 di Thailand

Kompas.com - 13/08/2024, 08:51 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURAT THANI, KOMPAS.com - Julian Johan bersama tim Jejelogy GHP, berhasil menuntaskan etape pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 di Thailand, dengan hasil yang memuaskan bersama bersama dua co-driver andalannya, Chupong Chaiwan (Thailand) dan Recky Resanto (Indonesia).

Pada sesi pembuka, Senin (12/8/2024), panitia terpaksa melakukan pemangkasan jarak Special Stage etape pertama ini.

Dari yang semula 162 kilometer, menjadi 70 kilometer lantaran faktor curah hujan yang ekstrem, sehingga membuat lintasan tidak layak untuk digunakan.

Meski jarak tempuhnya menjadi lebih pendek, namun hal tersebut tidak membuat Julian Johan bersama tim mengendurkan daya juang mereka di atas lintasan.

Baca juga: BYD Mulai Kaji Pengembangan Charging Station di RI

Toyota Land Cruiser 200 jadi andalah Julian Johan di AXCR 2024.dok. Jejelogy GHP Toyota Land Cruiser 200 jadi andalah Julian Johan di AXCR 2024.

Berkaca dari strategi tim yang telah ditetapkan di awal, pada sesi tersebut ia lebih berfokus untuk menjalin komunikasi yang ideal di dalam mobil melalui interkom.

“Sementara untuk saya, Mr Pong dan Recky, hal tersebut tidak menjadi suatu masalah dan tidak mengubah strategi kita. Karena memang pada hari pertama itu kita telah tentukan untuk adaptasi. Kenapa? Karena ini pertama kalinya kita turun bertiga di dalam mobil, jadi kita lebih memfokuskan untuk menyamakan ritme dan mencocokan komunikasi kita bertiga,” ucap Julian Johan atau yang sering dipanggil Jeje.

Terkait lintasan yang dilalui, sesi ini rute yang diberikan oleh panitia penyelenggara belum melintasi wilayah lain atau back to back ke Surat Thani.

“Sementara untuk track pada hari pertama ini, cukup cepat karakter lintasannya, banyak lintasan lurus, dan jaraknya kurang lebih bisa di atas satu kilometer tapi tetap dengan kondisi jalan yang sempit. Bahkan di beberapa bagian sangat sempit sehingga membuat Land Cruiser 200 ini benar-benar harus pelan supaya tidak terbentur pohon di kanan dan kiri,” ucap Jeje.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia Menguat 4,7 Persen Juli 2024

Recky Resanto (kiri), Julian Johan (tengah), Chupong Chaiwan (kanan). dok. Jejelogy GHP Recky Resanto (kiri), Julian Johan (tengah), Chupong Chaiwan (kanan).

Pada etape pertama tersebut Jeje sukses bertengger di posisi pertama di Kelas T1G, dan sukses menempati urutan kesembilan di klasmen umum (overall).

Menurutnya, hasil awal ini akan dijadikan pijakan untuk bisa tampil lebih maksimal pada special stage kedua, di mana rute yang akan dihadapi akan lebih ganas dan beragam dibandingkan special stage pertama.

Melihat pautan waktu yang dihasilkan oleh Jeje usai Special Stage pertama cukup jauh, turut membuat ia akan memainkan strategi baru untuk mengamankan posisi.

Dia mengatakan, telah berembuk bersama dua co-drivernya untuk bermain aman dengan formasi bertahan agar posisinya tetap memberikan gap yang jauh terhadap lawannya.

Baca juga: BYD Mulai Kaji Pengembangan Charging Station di RIBaca juga: Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MT Haryono

Toyota Land Cruiser 200 jadi andalah Julian Johan di AXCR 2024.dok. Carperonline Toyota Land Cruiser 200 jadi andalah Julian Johan di AXCR 2024.

Selama melakoni pertempuran darat, Land Cruiser 200 yang telah dipersiapkan dikatakan tidak mengalami kendala apapun.

Bahkan, masalah sistem ABS yang sempat menghantuinya pada tahun lalu, saat ini hal tersebut sudah bisa diatasi dengan menambah modul elektronik.

Berikut hasil Special Stage Pertama Kelas T1G:

1. Julian Johan - Chupong Chaiwan - Recky Resanto (Indonesia) : 1:36:52
2. Tai Huynh Van - Anh Vo Tuan (Vietnam) : 1:47:08
3. Satoshi Takeno - Naoyuki Yanagawa (Japan) : 1:47:25
4. Masato Kawabata - Daychapon Toyingcharoen (Japan) : 1:49:42
5. Memen Harianto - Chonlanat Phopipad (Indonesia) : 1:50:05

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau