Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Bila Performa Mesin ICE Serena e-Power Menurun

Kompas.com - 04/08/2024, 14:31 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Serena terbaru secara resmi diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan teknologi e-Power atau dengan kata lain menggunakan sistem serial hybrid.

Teknologi ini membuat Serena C28 ditenagai secara penuh oleh motor listrik sementara perangkat internal combustion engine (ICE) hanya berperan sebagai generator, penyuplai listrik ke baterai.

Artinya, penurunan performa mesin pada Serena e-Power tidak berdampak langsung pada tenaga yang dihasilkan. Lantas, apa dampaknya?

Baca juga: Ada Perbedaan Perawatan Serena C28 dengan Tipe Sebelumnya


Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan potensi suatu mesin bakar bermasalah tetap ada seiring pemakaian, maka dari itu dianjurkan agar mobil tetap dirawat secara rutin.

"Ketika mesin ICE pada Serena e-Power mengalami penurunan performa, misal salah satu busi mati, atau pemakaian BBM berkualitas buruk, maka tidak berpengaruh langsung terhadap tenaga mobil,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Sabtu (3/8/2024).

Jamal mengatakan, kondisi tersebut bisa terjadi lantaran Serena terbaru ditenagai secara penuh oleh kemampuan motor listriknya.

Baca juga: Nissan Serena e-Power Tak Perlu Ganti Oli Transmisi, tapi Wajib Lakukan Ini

Nissan Serena e-PowerKOMPAS.com/Rarindra Nissan Serena e-Power

Sementara penurunan performa mesin ICE, menurut Jamal tetap harus segera diperbaiki karena berkaitan dengan emisi dan kemampuannya dalam menyuplai daya listrik ke baterai.

“Selama mesin masih mampu memutar generator dengan baik, maka suplai listrik aman-aman saja, baterai tetap terisi sehingga mampu memutar motor listrik, berbeda lagi bila mesin sampai mogok,” ucap Jamal.

Jamal mengatakan untuk mencegah mesin ICE mogok maka konsumen perlu memperhatikan bila lampu indikator pada multi information display (MID) menyala. Sehingga, tindakan perbaikan bisa segera dilakukan oleh pihak bengkel resmi.

Baca juga: Modal Serena e-Power Bisa Kantongi Ratusan SPK di GIIAS 2024

Nissan Serena e-PowerKompas.com/Rarindra Nissan Serena e-Power

“Ketika lampu peringatan pada MID sudah menyala maka sebaiknya segera ke bengkel, kami juga menyarankan supaya tidak ada kendala baik di ICE maupun di e-Powernya, penting untuk selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi terdekat,” ucap Jamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau