Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Bisa Mengurangi Beban AC Mobil

Kompas.com - 31/07/2024, 12:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film pada mobil bukan hanya sekadar aksesori estetis, tetapi juga memiliki fungsi praktis yang signifikan. Salah satu manfaat utama pemasangan kaca film adalah pengurangan panas yang masuk ke kabin mobil, yang dapat mempengaruhi konsumsi AC (air conditioning) kendaraan.

Kaca film dengan kualitas yang baik, akan mampu menjaga suhu kabin tanpa harus terlalu banyak bergantung pada AC, yang pada akhirnya dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Monita Cherline, Head of Promotion Advertising & PR Department PT V-Kool Indo Lestari, mengatakan kaca film berkualitas tinggi dapat mengurangi panas matahari hingga 60%.

Baca juga: Motor Jarang Dipakai, Apakah Tetap Harus Dipanaskan?

"Jadi, kaca film tidak hanya menjaga suhu kabin saat terik matahari, tapi juga mengurangi beban kerja AC mobil secara signifikan," kata Monita kepada Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Menurutnya, AC mobil bisa bekerja lebih keras ketika suhu di luar mobil sangat panas, yang menyebabkan mesin kendaraan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Kaca film berfungsi untuk menolak sebagian besar sinar ultraviolet (UV) dan inframerah (IR) dari matahari, yang merupakan penyebab utama peningkatan suhu di kabin mobil.

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

"Apalagi, produk kita memiliki bahan dasar metal dengan kualitas yang baik, makanya memiliki stabilitas dalam menolak panas, sehingga suhu ac kabin tidak perlu maksimal, hasil akhirnya justru juga membantu menghemat pemakaian bahan bakar," katanya.

Kaca film juga membantu menjaga interior mobil dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan, seperti memudarnya warna jok dan dasbor.

Baca juga: Kunci Selamat Saat Berkendara di Jalan, Harus Sabar

Namun, memilih kaca film juga harus dilakukan dengan bijak. Penggunaan kaca film yang terlalu gelap dapat mengurangi visibilitas pengemudi, terutama di malam hari. Maka bijaklah dalam memilih kaca film dengan sifat yang tidak hanya mengurangi panas, tapi juga tetap aman dan nyaman digunakan dalam berbagai kondisi berkendara.

Memilih kaca film yang tepat tidak hanya akan membantu menghemat konsumsi bahan bakar, tetapi juga memperpanjang umur komponen AC dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan di dalam kabin mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau