Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Sisi Upaya Marquez Kembali Menjadi Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 30/07/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez rela meninggalkan Honda demi Ducati, untuk kembali meraih gelar juara dunia MotoGP. Tidak hanya itu, ada banyak hal lain yang rela dia korbankan.

Marquez membuat heboh MotoGP dengan keputusannya meninggalkan Repsol Honda lebih awal dari kontrak yang sudah ditandatangani demi Gresini Racing. Berpindah dari tim pabrikan Honda ke tim satelit Ducati.

Baca juga: Marquez Bikin Kontroversi Lagi, Diduga Bikin Bulega Terjatuh

Keputusannya tidak salah, karena ternyata dirinya mampu tampil kompetitif bersama Ducati. Belum genap setahun, Marquez sudah menandatangani kontrak dengan tim pabrikan Ducati Lenovo.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Dani Pedrosa, mantan rekan setim Marquez, mengatakan, pebalap yang terkenal dengan nomor 93 itu berani melibas semuanya, apapun yang diperlukan untuk menjadi juara dunia lagi.

"Marc mengatakan 'Saya harus berada di tempat itu', jadi Anda bisa melihatnya sebagai hal yang baik, untuk mengatakan bahwa orang ini ingin menang dan itu adalah penghargaan untuk apa yang dia lakukan," ujar Pedrosa, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (30/7/2024).

Baca juga: Marquez Bersaudara Semakin Nyaman Dengan Ducati Desmosedici GP23

“Dengan cara yang sama Anda juga bisa berpikir sebaliknya. Karena saya tidak tahu bagaimana masalah (sponsor pribadi) Red Bull akan terjadi, karena kita telah melihat bahwa masalah Honda sudah berlalu," kata Pedrosa.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024

Untuk diketahui, Marquez saat ini disponsori oleh Red Bull. Sementara itu, Ducati memiliki Monster Energy sebagai sponsor. Kedua perusahaan minuman berenergi ini tidak mungkin mensponsori satu tim yang sama.

Sehingga, Marquez kemungkinan besar harus meninggalkan Red Bull. Selain sponsor, menurut Pedrosa, ada banyak hal lain yang rela Marquez tinggalkan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

“Ada banyak hal yang menemaninya selama ini, mekanik dan lainnya, tetapi dia lebih memilih untuk memiliki motor pemenang daripada melanjutkan semua hubungan yang telah dia jalani selama bertahun-tahun," ujarnya.

Pedrosa mengatakan, akan selalu ada dua sisi, baik dan buruk, jika melihat usaha yang dilakukan Marquez demi kembali menjadi juara dunia MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau