Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Motor Listrik Indonesia Minim Awareness

Kompas.com - 29/07/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Produsen motor listrik Alva sudah muncul sejak 2022 dengan One. Lalu di 2023 hadir model Cervo, serta yang terakhir diperkenalkan saat GIIAS, ada N3 dengan harga motor yang lebih murah.

Chief Executive Officer Alva Purbaja Pantja mengatakan, tingkat adopsi motor listrik di Indonesia mulai membaik, di atas 1 persen. Cuma menjadikan motor listrik sebagai transportasi primer memang belum bisa tercapai dalam waktu singkat.

"Yang namanya transisi itu tidak bisa terjadi overnight, langsung satu malam," kata Purbaja kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Cara Alva Jawab Keraguan Konsumen Motor Listrik

Varian baru dari Alva Cervo, yaitu Cervo Boost Charge dan Cervo Q meluncur di GIIAS 2024.Dok. Alva Varian baru dari Alva Cervo, yaitu Cervo Boost Charge dan Cervo Q meluncur di GIIAS 2024.

Makanya strategi Alva saat awal meluncur adalah menyasar segmen premium dengan One dan Cervo. Alasannya, orang di segmen tersebut lebih siap untuk melakukan transisi.

Cuma memang hasilnya masih proses, belum kelihatan signifikan adanya transisi dari motor bensin ke listrik. Menurut Purbaja, dua hal yang menjadikan motor listrik bisa jadi transportasi primer, satu produk, kedua ekosistem.

"Tahun ini buat kebaikan konsumen, ekosistem harus digenjot. Jadi mereka bisa dapat manfaat maksimal, menjawab pertanyaan mengecas di mana," kata Purbaja.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Kembali Berlaku di 25 Ruas Jalan Ini


Selain itu buat meningkatkan adopsi motor listrik, Purbaja bilang kalau kesadaran pasar atau market awareness belum jalan sebaik itu. Memang sudah ada, tapi rasanya masih bisa dioptimalkan.

"Pengalaman kami, market awareness di Jakarta-Bogor (Jabo) sudah baik. Tapi pas masuk ke Bali, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, prosesnya dimulai lagi," kata Purbaja.

Padahal kota yang disebutkan tadi masih kota besar, belum ke kota yang ada di sekitarnya. Jadi edukasi soal kendaraan listrik beserta manfaatnya perlu digalakan lagi demi meningkatkan adopsi motor listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau