Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasis Tronton Canggih Mercedes-Benz Pakai Bodi Bus Tingkat

Kompas.com - 27/07/2024, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro menampilkan beberapa bus di GIIAS 2024. Salah satu yang menarik adalah bus tingkat milik PO Garuda Mas yang pakai sasis tronton baru Mercedes-Benz yang canggih.

Bus dengan warna kuning tersebut dibangun di atas sasis tronton O500RSD 2445 yang diperkenalkan saat Giicomvec beberapa bulan lalu. Selain itu, bus dengan bodi Jetbus 5 SDD tersebut menandakan Indonesia jadi yang pertama di Asia yang menerima sasis dengan fitur keselamatan.

Keunikan dari bus ini adalah disematkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Sasis yang canggih tersebut merupakan komitmen Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menjaga keselamatan penggunanya.

Baca juga: Intip 3 Bus Baru PO Bagong di GIIAS 2024

Kabin bus PO Garuda MasKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin bus PO Garuda Mas

Naeem Hassim, Presiden Direktur DCVI mengatakan, O500RSD 2445 jadi bus pertama di Indonesia yang menggunakan sistem ADAS. Menghadirkan pilihan bus yang berkeselamatan, buat penumpang dan pengemudi.

"Ini yang jadi salah satu perhatian utama kami, khususnya pada keselamatan dan keamanan unit sasis bus yang dioperasikan di jalanan Indonesia," kata Naeem saat serah terima bus di GIIAS, belum lama ini.

Bicara soal ADAS, fitur keselamatan yang disematkan seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Active Brake Assist (ABA) 5. Jadi bus bisa mengantisipasi jarak kendaraan di depan dan keamanan pengereman.

Baca juga: Jokowi Santai Tesla Tidak Kunjung Berinvestasi di RI

Kabin bus baru PO Garuda MasKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin bus baru PO Garuda Mas

Selain itu, disematkan juga Lane Departure Warning System yang menjaga posisi bus tetap di tengah garis. Pengemudi dapat peringatan getaran saat bus melewati batas marka jalan.

Lalu ada juga Electronic Stability Program (ESP) yang menjaga bus tetap stabil saat sedang dikendarai.

Secara tampilan, tambahan ADAS membuat bodi Jetbus 5 SDD agak beda tampilannya. Pada bagian depan, tepatnya di bumper terpasang sensor radar, lalu di kaca depan pun ada kamera yang mengarah ke depan.

kemudian di bagian belakang, tepat di kap mesin ada lubang baru. Fungsi dari kisi-kisi yang besar tadi untuk mengeluarkan uap panas dari ruang mesin.

Pada bagian kabin, bus PO Garuda Mas diisi beberapa kelas. Misal di bawah ada sleeper dan bangku ala bussiness class di pesawat. Sedangkan di atas, bangkunya 2-2 dengan sandaran kaki dobel serta bilik khusus sleeper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau