Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Transmisi Mobil Matik Eropa dan Jepang?

Kompas.com - 17/10/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Eropa dikenal memiliki kualitas tinggi, namun beberapa komponen mobil Eropa ternyata sama atau mirip dengan mobil Jepang.

Freddy Karya, supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta, menjelaskan bahwa ada beberapa transmisi matik pada model mobil Eropa yang serupa dengan mobil merek Jepang.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Honda Stylo 160 CBS

"Ada beberapa transmisi mobil Eropa yang tranmisinya sama dengan mobil Jepang. Untuk sebagian ya," ungkap Freddy kepada Kompas.com, di Jakarta belum lama ini.

Mitsubishi New Pajero Sport menggabungkan teknologi canggih, kinerja yang tangguh, dan kenyamanan yang maksimal. dok. Mitsubishi Motors Mitsubishi New Pajero Sport menggabungkan teknologi canggih, kinerja yang tangguh, dan kenyamanan yang maksimal.

"Saya kasih contoh ya, (Mitsubishi) Pajero yang new 8-percepatan itu dipakai juga di Porsche Cayenne. Pokoknya Pajero yang New mulai 2016. Mungkin ada sedikit beda di bodi valve tapi sparepart dalaman kampas dan bentuk girboks sama," ujarnya.

Freddy menambahkan bahwa fakta ini bisa menjadi keuntungan atau kerugian, tergantung sudut pandang dan cara melihatnya.

Namun, satu hal yaitu pemilik Porsche mungkin tidak perlu terlalu takut dengan biaya perbaikan jika transmisi matiknya bermasalah. 

Baca juga: Alasan Kenapa Matik CVT Lebih Manja Ketimbang AT Konvesional

Transmisi mobil matikKOMPAS.com/Gilang Transmisi mobil matik

"Sebetulnya apa ya. Kadang yang punya mobil Porsche punya masalah di matik sudah ketakutan dulu, ini pasti mahal banget. Tapi kalau kita yang sudah tahu ini sama seperti Pajero," ujarnya,

"Tapi biaya kerja ya pasti anggap lebih mahal sedikit, karena letak posisi dan buka-buka untuk bongkar karena Porsche pasti sempit. Tapi tidak semenakutkan (itu) Porsche ini pasti mahal," katanya. 

Terlepas dari transmisi Porsche dan Pajero Sport, kemiripan transmisi antara mobil satu dengan yang lain kata Freddy, terjadi karena tak semua membuat transmisi sendiri melainkan menggunakan vendor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau