Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Siap Geser BMW Jadi Pemimpin Pasar Mobil Premium

Kompas.com - 21/07/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Lexus Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin di segmen mobil mewah pada pasar otomotif nasional. Total penjualannya saat ini tidak jauh berbeda dengan BMW.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk penjualan wholesales, pada periode Januari-Juli 2024, Lexus mencatatkan penjualan 1.533 unit.

Baca juga: Beli Lexus LBX di GIIAS 2024, Dikirim Akhir Tahun

Sedangkan BMW, penjualannya pada periode tersebut mencapai 1.783 unit. Hanya selisih 250 unit, sedangkan tahun ini masih tersisa enam bulan lagi.

Lexus NX 450h+ F Sport di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Lexus NX 450h+ F Sport di GIIAS 2024

Menariknya, Lexus bisa meraih total penjualan tersebut hanya dengan tiga galeri yang ada di Jakarta. Sementara BMW, memiliki 25 diler yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, mengatakan, sebenarnya, kembali di tujuan Lexus, pihaknya tidak berkompetisi dengan siapa pun. Tapi, bagaimana Lexus bisa melayani konsumennya dengan baik dan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Baca juga: LBX Hadir di GIIAS 2024, Satu-satunya Lexus di Bawah Rp 1 Miliar

"Itu menjadi kunci bagi kami, walaupun kami hanya tiga galeri di Jakarta. Tapi, dengan semangat omotenashi, jadi mengantisipasi kebutuhan dari semua konsumen, melayani mereka seperti di rumahnya masing-masing, kita seperti benar-benar pelayannya mereka," ujar Bansar, kepada Kompas.com, saat ditemui di booth Lexus, pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, belum lama ini.

Mobil listrik Lexus UX 300e di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Mobil listrik Lexus UX 300e di GIIAS 2024

"Jadi, konsumen terus datang kembali ke Lexus. Itulah sebenarnya kunci sukses dari kami. Di luar itu, kami juga didukung oleh produk-produk yang sangat baik, terutama untuk elektrifikasi dari hybrid," kata Bansar.

Bansar menambahkan, penjualan mobil hybrid Lexus dari Januari hingga Juli 2024 ini, komposisinya sudah 94 persen. Jadi, pasar mobil mewah juga menerima dengan baik teknologi elektrifikasi, baik hybrid maupun plug-in hybrid.

Lexus NX 450h+ F Sport di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Lexus NX 450h+ F Sport di GIIAS 2024

Ditambah dengan semakin beragamnya produk yang dihadirkan oleh Lexus.

Untuk tahun ini, Lexus belum berencana untuk menambah galerinya di Indonesia. Meski demikian, konsumen di luar Jakarta akan tetap dijamin mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Lexus LBX di GIIAS 2024Kompas.com/Adityo Lexus LBX di GIIAS 2024

"Tahun ini, tiga saja dulu di tahun ini. Pastinya, kami mencoba meningkatkan pelayanan kami ke konsumen, terutama di luar Jakarta," ujarnya.

Pada GIIAS 2024, Lexus juga baru saja meluncurkan LBX. Crossover hybrid ini dibanderol dengan harga Rp 895 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Luxury dan Rp 942 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Sport. Mobil ini jadi satu-satunya model yang saat ini dipasarkan dengan banderol di bawah Rp 1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau