Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Kantongi 5 Komitmen Investasi Baru Otomotif

Kompas.com - 18/07/2024, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang mengaku udah mengantongi empat sampai lima investasi baru pada sektor otomotif di Indonesia.

Komitmen tersebut diperoleh usai dirinya melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara bersama jajaran beberapa Waktu belakangan.

"Paling tidak hingga kunjungan terakhir ke Beijing, China, sudah ada empat sampai lima produsen yang tertarik berinvestasi," kata Agus saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Baca juga: Menperin Minta Pabrikan Tidak Naikkan Harga Jual Kendaraan

Sebuah mobil BYD EA1 Xdream terlihat selama Pameran Industri Otomotif Internasional Shanghai ke-19 di Shanghai pada 19 April 2021. AFP PHOTO/HECTOR RETAMAL Sebuah mobil BYD EA1 Xdream terlihat selama Pameran Industri Otomotif Internasional Shanghai ke-19 di Shanghai pada 19 April 2021.

Hanya saja dirinya masih enggan untuk bicara lebih jauh soal tersebut. Beberapa di antaranya tentu pabrikan otomotif asal China.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi pun mengamini progres positif tersebut.

Menurutnya, salah satu pabrikan yang dimaksud ialah Mazda. Produsen asal Jepang itu memang sudah beberapa kali berencana untuk mendirikan fasilitas pabrik perakitan mobil di dalam negeri.

"Kalau kita lihat APM Jepang sudah cukup di indonesia dan memiliki pabriknya. Tapi kalau kita lihat ada beberapa brand yang baru masuk ke indonesia seperti Mazda dan dia akan investasi di sini," kata Nangoi.

Baca juga: Wuling Klaim Belum Pernah Kejadian Baterai Terbakar Sendiri

Mazda2 yang dipasarkan di Eropa merupakan Toyota Yaris berlogo MazdaDok. Carscoops.com Mazda2 yang dipasarkan di Eropa merupakan Toyota Yaris berlogo Mazda

"Sementara kalau brand seperti China ada cukup banyak seperti ada beberapa membuat kendaraannya perakitan lokal, itu pun juga membuat investasi bertambah terus," lanjut dia.

Sehingga masa depan industri otomotif nasional sangatlah prospektif. Apalagi pemerintah terus mendorong seluruh produsen tidak hanya berjualan saja tapi juga mendirikan fasilitas pabrik di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau