Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Charging Mobil Listrik Neta V-II Jakarta-Bandung Cuma Rp 50.500

Kompas.com - 12/07/2024, 07:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Neta V-II dites jalan dari diler Neta Kelapa Gading, Jakarta Utara ke daerah Cihampelas, Bandung, Jawa Barat. Pembahasan yang menarik dikupas tentunya soal kemampuan baterai mobil listrik ini.

Saat awal perjalanan kondisi baterai tercatat 98 persen, dan perjalanan melewati jalan tol Jakarta-Cikampek via tol layang MBZ, dan sempat beristirahat di rest area KM 72 Cipularang. Jarak tempuhnya mencapai 66,7 km dan baterai tersisa pada level 71 persen.

Ketika itu kondisi lalu lintas relatif ramai lancar, dan kecepatan rata-rata 90 kpj sampai 120 kpj. Bahkan sesekali ketika masuk KM 90 tol Cipularang, sempat menggunakan model berkendara sport. Reaksi gas makin ringan, tapi konsekuensinya adalah daya tahan baterai menjadi cepat habis.

Baca juga: Mobil Listrik Neta V-II Punya 9 Fitur ADAS

Tiba di lokasi finish, tercatat kalau total jarak tempuh, yaitu 131,6 km, dan sisa baterai berada di level 42 persen. Artinya daya yang terpakai pada mobil listrik ini hanya 56 persen atau total daya yang dihabiskan sekitar 20,2 kWh.

Apabila dihitung seberapa besar biaya charging yang harus dikeluarkan oleh konsumen Neta V-II jika mengemudi dari Jakarta ke Bandung, yaitu sekitar Rp 50.500. Perhitungannya, yakni 20,2 kWh dikalikan biaya per kWh di SPKLU Rp 2.500.

Test Drive Neta V-II Jakarta-BandungKOMPAS.com / Aditya Maulana Test Drive Neta V-II Jakarta-Bandung

Tentunya hasil tersebut juga bisa berbeda antar pengemudi Neta V-II yang lainnya, karena dipengaruhi juga oleh kondisi jalan, gaya berkendara, dan seberapa berat bobot mobil listrik tersebut.

Nah, ketika redaksi Kompas.com melakukan perjalanan ini, mobil listrik Neta V-II ini diisi oleh empat orang penumpang. Berat badan per orangnya rata-rata 80 kilogram sampai 90 kilogram.

Test Drive Neta V-II Jakarta-BandungBigEvo Test Drive Neta V-II Jakarta-Bandung

Baca juga: Alasan Slot Charger GB/T di Neta V-II Tidak Dihilangkan

Perlu diketahui, Neta V-II dibekali sistem pengisian daya AC dan DC (fast charging). Pengisian daya baterai dengan sistem AC memerlukan waktu 8 jam dari nol ke 100 persen. Sementara DC hanya 30 menit untuk mengisinya dari 30 ke 80 persen.

Mobil listrik ini menggunakan baterai baru dari PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia berkapasitas 36,1 kWh yang versi Neta V sebelumnya 40,1 kWh. Meski lebih kecil, tapi daya jelajahnya diklaim sama, yaitu 401 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau