Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramac Racing Resmi Tinggalkan Ducati, Yamaha Punya Tim Satelit Lagi

Kompas.com - 29/06/2024, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim 2025 akan semakin menarik, karena banyak terjadi perubahan. Salah satunya adalah Pramac Racing yang resmi meninggalkan Ducati demi Yamaha.

Tim satelit yang sekarang diisi oleh Jorge Martin dan Franco Morbidelli tersebut sudah 20 tahun menggunakan motor Ducati. Mulai musim depan, Pramac akan menjadi tim satelit Yamaha.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Belanda 2024, Bagnaia Tercepat

Yamaha sendiri sudah sejak 2022 tidak memiliki tim satelit. Pabrikan asal Jepang ini ditinggalkan oleh tim satelitnya karena motornya yang mulai kurang kompetitif.

Prima Pramac Racing akan diperkuat Franco Morbidelli untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Franco Morbidelli untuk musim 2024

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis, mengatakan, kemitraan baru dengan Prima Pramac Racing akan berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Yamaha.

"Alih-alih menjadi tim satelit, dengan perjanjian baru ini Yamaha menaruh kepercayaan kepada Pramac Racing, dan kami akan menyediakan motor pabrikan dengan spesifikasi yang sama dengan yang digunakan oleh Monster Energy Yamaha MotoGP Team," ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Belanda 2024, Sesi Latihan Dimulai Hari Ini

"Targetnya adalah untuk mempercepat pengembangan motor, yang tetap menjadi prioritas utama YMC dan YMR dalam upaya kami untuk kembali ke jalur kemenangan, serta memiliki empat pebalap yang kompetitif di kejuaraan MotoGP di dua tim kelas atas," kata Lin Jarvis.

Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024

Tidak hanya menggunakan motor dengan spesifikasi yang sama seperti tim pabrikan. Para pebalap Pramac Racing juga dikontrak langsung oleh Yamaha. Sehingga, statusnya juga sama seperti tim pabrikan.

Namun, yang menarik adalah posisi Morbidelli. Sebab, dia rela pindah dari tim pabrikan Yamaha ke tim satelit Ducati Pramac Racing untuk mendapatkan motor yang lebih kompetitif.

Livery Pramac Racing MotoGP 2024Twitter.com/motogp Livery Pramac Racing MotoGP 2024

Tak disangka, Morbidelli akan kembali lagi menggunakan Yamaha. Tapi, itu juga belum pasti, karena Morbidelli juga belum memperpanjang kontraknya dengan Pramac Racing.

Belakangan ini, dirinya juga disebut-sebut sebagai kandidat untuk tim satelit Pertamina Enduro VR46. Menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Marco Bezzecchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com