Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross Mudik Lewat Jalur Pansela

Kompas.com - 26/04/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


PACITAN, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan sudah kembali ke Jakarta, pada (20/4/2023). Selama 10 hari melewati jalur Pantai Selatan, total perjalanan menempuh jarak 2.315 km hingga kembali ke Jakarta.

Rute Pansela dipilih karena menyimpan wisata alam dan pemandangan menarik. Namun jalur Pansela kurang populer buat pemudik karena dianggap jauh dan kondisi jalan yang berkelok-kelok.

Baca juga: One Way Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang hingga 26 April 2023 Pukul 24.00 WIB

Perjalanan dimulai dari Jakarta kemudian menuju Palabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta dan Pacitan. Setelah itu perjalanan berlanjut ke arah utara melewati Malang, Semarang, Cirebon, dan kembali ke Jakarta.


Jalur Pansela mayoritas membelah perbukitan dan jalan pegunungan umum. Di jalur ini bisa jadi ditemui jalan yang tidak dilengkapi marka jalan sebagai pembatas antar jalur kendaraan.KOMPAS.com/Gilang Jalur Pansela mayoritas membelah perbukitan dan jalan pegunungan umum. Di jalur ini bisa jadi ditemui jalan yang tidak dilengkapi marka jalan sebagai pembatas antar jalur kendaraan.

Kompas.com memakai tiga mobil andalan sport utility vehicle (SUV) Mitsubishi, mulai Xpander Cross, Pajero Sport, dan Triton. Selama perjalanan awak redaksi mencatat konsumsi bahan bakar yang dipakai ketiga tersebut.

Selama melewati jalur Pansela kondisi jalan mayoritas berkelok-kelok, dimulai dari arah Cikidang ke Palabuhan Ratu hingga Pacitan. Tim Kompas.com juga berkeliling menyambangi beberapa objek wisata di sepanjang perjalanan.

Tim baru masuk merasakan jalan tol selepas Malang ke Semarang. Sampai di Semarang dan ingin ke Cirebon tim memakai jalur non tol karena pemberlakuan sisten one way, dan terus berlanjut sampai Jakarta.

Baca juga: Bukan Hanya Bahaya, Bawa Motor Pakai Headset Bisa Kena Denda

-Dok.Kompas.com -

Khusus untuk Xpander Cross, selama perjalanan tercatat enam kali isi bensin Pertamax dengan catatan tidak setiap isi bensin dalam kondisi tangki kosong. Ada beberapa tempat sudah isi bensin meski masih ada setengah tangki.

Alasannya ialah tim tidak mau ambil resiko jika ternyata tidak ada SPBU jika tangki sudah kosong. Namun ada juga yang memang menunggu tangki kosong seperti waktu isi bensin di Pangandaran, Jawa Barat.

Jika dihitung secara kasar yaitu jumlah bensin dan jarak tempuh maka bisa dikira-kira berapa konsumsi bahan bakar Xpander Cross yang dipakai tim Kompas.com saat Merepah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan.

Baca juga: H+1 Lebaran, 73.010 Kendaraan Menuju Jakarta via Cikampek Utama

Untuk diketahui, dalam perjalanan tiap mobil diisi empat orang dewasa, yang terdiri gabungan antara laki-laki dan perempuan. Setiap mobil diisi barang bawaan pribadi.

Catatan Kompas.com selama 10 hari dan enam kali isi bensin Xpander Cross total pengisian mencapai 187,51 liter dan jika dibagi dengan jarak tempuh yaitu 2.315 km maka rata-rata konsumsi BBM yaitu 12,34 km per liter.

Untuk dipahami hasil konsumsi BBM bisa berbeda setiap orang. Konsumsi BBM ditentukan banyak faktor, mulai dari rute, berat barang bawaan, jarak dan waktu tempuh, serta yang utama ialah gaya mengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com