Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Liar di Jalan Tol Bisa Sebabkan Kecelakaan

Kompas.com - 15/06/2024, 17:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang terlihat kucing yang tersesat di jalan tol. Padahal, kondisi tersebut sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Belum lama ini, beredar video di media sosial yang memperlihatkan pengendara mobil rela keluar tol dan putar balik demi menyelamatkan kucing yang tersesat. Terlihat kucing berada di sisi kanan jalur cepat hanya terdiam dan tidak berani menyeberang ke bahu jalan.

Baca juga: Mitos Tabrak Kucing Bikin Sial, Begini Tips Menghindarinya

Tak lama kemudian, datang petugas tol yang mengamankan kucing tersebut. Unggahan yang dibagikan oleh akun Instagram @aboutdkj, Sabtu (15/6/2024), mengundang banyak komentar positif dari warganet.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ABOUT DKJ (@aboutdkj)

Pasalnya, jika dibiarkan akan sangat membahayakan, baik bagi hewan tersebut maupun pengguna jalan tol. Kucing bisa tertabrak atau terlindas, sementara yang menabrak atau berusaha menghindarinya juga berisiko mengalami kecelakaan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, kondisi tersebut sangat membahayakan. Melindas binatang bisa membuat mobil kehilangan keseimbangan.

Baca juga: Mobil Masuk Parit, Akibat Hindari Kucing Menyeberang di Jalan

"Memang sebaiknya jalan tol bebas dari hal-hal seperti ini. Tapi, juga tidak bisa dipungkiri adanya binatang-binatang yang menyeberang, dan susahnya pergerakan dari binatang tersebut susah terbaca di kondisi mereka terancam," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pengendara mobil rela keluar tol dan putar balik demi menyelamatkan kucing yang tersesat di jalan tolDok. @aboutdkj Pengendara mobil rela keluar tol dan putar balik demi menyelamatkan kucing yang tersesat di jalan tol

"Sudah banyak kasus kendaraan-kendaraan yang kecelakaan ketika menabrak binatang atau menghindari binatang. Untuk itulah dibutuhkan pengamatan selama mengemudi dan mengontrol kecepatan kendaraan," kata Sony.

Tidak ada salahnya jika melihat ada binatang seperti kucing atau anjing yang tersesat di jalan tol untuk melaporkan ke petugas tol terdekat agar dilakukan tindakan evakuasi atau penyelamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com