Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kirab Menuju Candi Borobudur Besok, Simak Rekayasa Lalu Lintasnya

Kompas.com - 22/05/2024, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE tahun ini akan kembali diselenggarakan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024).

Sebagaimana tahun sebelumnya, gelaran tersebut akan digelar dengan beberapa rangkaian. Salah satunya, kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobodur pada siang hari.

Oleh karena itu, sepanjang jalur dimaksud akan ditutup bagi pengguna jalan, tak terkecuali pengguna kendaraan bermotor.

Baca juga: Beda Beli Mobil Bekas di Indonesia dan Inggris, Langsung Balik Nama

Poster rekayasa lalu lintas saat kirab Waisak pada 23 Mei 2024.Dokumentasi Satlantas Polresta Magelang Poster rekayasa lalu lintas saat kirab Waisak pada 23 Mei 2024.

Kepala Polresta Magelang, Kombes Mustofa mengatakan, pihaknya terus mensosialisasikan informasi rekayasa lalu lintas jalur Candi Mendut-Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

"Kami sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif bagi masyarakat untuk bisa beraktivitas," ujar Mustofa dalam keterangannya, Senin (20/5/2024).

"Tapi, misalnya ada kesusahan, orang meninggal dibawa ambulans, tetap kami perbolehkan untuk lewat," imbuh dia.

Jalur Candi Mendut menuju Candi Borobudur dijadwalkan ditutup mulai pukul 12.00 WIB. Penutupan akses tersebut dilakukan di Simpang Tiga Elo, Cabean, Karet dan Simpang Empat Ngaran bawah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Perbaikan Alternator Mobil Tidak Bisa Ditunda?

Candi BorobudurKOMPAS.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Candi Borobudur

Kemudian, Simpang Empat Kujon dan Simpang Empat Koramil Borobudur. Kendaraan bermotor dari arah Yogya menuju Salaman diarahkan ke Blondo-Simpang Tiga Masjid An Nur-Sigug-Koramil Borobudur dan Kujon.

Sedangkan kendaraan dari arah Tuksongo yang menuju Blondo bakal diarahkan ke Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Kujon-Koramil-Masjid An Nur dan Blondo.

Adapun untuk kendaraan dari arah Salaman menuju Palbapang (Mungkid) diarahkan menuju Kujon-Koramil-Sigug-Masjid An Nur-Blondo dan Palbapang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com