Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dilakukan Saat Bertemu dengan Pengemudi Arogan di Jalan

Kompas.com - 13/04/2024, 17:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini ramai kasus cekcok di jalan dengan pengemudi yang arogan. Biasanya mereka kerap menyalahkan orang karena bersenggolan atau tidak terima disalip kendaraannya.

Kejadian seperti cekcok di jalan kadang tidak bisa dihindari. Misal sudah berusaha tertib, tapi ada saja pengemudi yang malah cari ribut, minta diladeni.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi yang arogan itu sudah batu karakternya, tidak bisa dikasih tahu, dimarahi, bahkan ditegur baik-baik.

Baca juga: Viral, Mobil Dirusak Massa karena Cekcok dengan Pengendara Lain

Agus Sopir Angkot di Pemalang yang keluhkan kenaikan BBMBaktiawan Candheki Agus Sopir Angkot di Pemalang yang keluhkan kenaikan BBM

"Mereka selalu cari pembenaran atau ego yang dikedepankan. Maka akibatnya, keputusan dan tindakan yang tidak pernah benar, bahkan cenderung mempermalukan," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (13/4/2024).

Kalau misalnya terpaksa cekcok dengan orang yang arogan, jangan mau dibawa sampai terlihat tidak waras. Pengemudi harus paham, kondisi jalan memang semrawut, jadi agak sulit buat berpikir jernih.

Baca juga: Video Avanza Pelat Nomor Lokal di Malaysia, Begini Cara Bawa Mobil ke Luar Negeri

"Terima saja kondisi itu dan berpikir jernih untuk langkah selanjutnya. Paling aman yaitu dengan tidak meladeni mereka," kata Sony.

Misalnya dipaksa berhenti, lebih baik tutup kaca dan siapkan HP untuk merekam. Kalau kelakuannya kelewatan sampai merusak dan memberi ancaman, rekaman tadi bisa buat laporan ke Polisi.=

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com