Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Honda Brio Satya, dengan BBM Full Tembus Berapa Kilometer?

Kompas.com - 28/03/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio Satya menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati konsumen Indonesia, terutama bagi pembeli mobil pertama.

Dibekali desain yang ringkas dan modern, Brio Satya juga diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Maka dari itu, low cost green car (LCGC) dari Honda ini juga bisa diandalkan jadi kendaraan untuk mudik.

Kompas.com akan membuat simulasi seberapa jauh Honda Brio Satya bisa melaju dalam kondisi satu tangki penuh. Menurut data spesifikasi, Brio Satya memiliki kapasitas tangki 35 liter.

Baca juga: BMW Mulai Terganggu Kehadiran Mobil China

Untuk mendapat hasil seberapa Brio Satya melaju, kapasitas tadi dikalikan dengan konsumsi BBM. Hasil konsumsi ini berdasarkan pengetesan yang sudah dilakukan di rute jalan yang beragam.

Ilustrasi All New Honda Brio SatyaDok. GridOto Ilustrasi All New Honda Brio Satya

Sebelumnya Kompas.com sudah pengetesan konsumsi BBM menggunakan Honda Brio RS lansiran 2023, perlu diketahui baik Brio RS maupun Brio Satya memiliki spesifikasi mesin yang sama. Hasilnya untuk rute luar kota mencatatkan konsumsi BBM 20,7 Km per liter (Kpl). Artinya, satu liter BBM bisa membuat Brio berjalan sejauh 20,7 Km.

Jadi kalau dikalikan dengan kapasitas tangki BBM Agya yang 35 liter, hasilnya adalah 724,5 Km. Kalau diasumsikan dengan jarak tersebut, dalam satu kali pengisian penuh Brio Satya bisa menempuh perjalanan hingga Jakarta-Madiun dengan jarak 643 Km.

Baca juga: Honda Stylo 160 Hadir Bikin Penjualan Grand Filano Naik

Namun, perlu diperhatikan bahwa angka konsumsi BBM bisa saja berubah tergantung kondisi.

Berkaca dengan kebiasaan pemudik, mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang. Artinya bobot kendaraan jadi lebih berat, yang berakibat konsumsi BBM jadi lebih boros dari hasil pengetesan.

Apalagi saat mudik, ada saja kondisi jalanan yang macet, bahkan di tol sekalipun. Jadi hasilnya bisa jauh lebih boros.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com