Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di GT Halim, Truk ODOL dan Ugal-ugalan

Kompas.com - 27/03/2024, 16:46 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru ini kejadian truk ODOL yang ugal-ugalan dan menabrak beberapa kendaraan di Gerbang Tol Halim Utama, Rabu (27/3/2024) Pagi.

Kecelakaan bermula dari truk menabrak Mitsubishi Xpander Cross beberapa meter sebelum GT Halim Utama. Belum jelas apa yang jadi penyebab, sopir truk malah tancap gas dan menabrak kendaraan lain yang mengantre di gerbang tol.

Kalau dilihat pada video CCTV GT Halim Utama, truk yang bermuatan sofa ini hilang keseimbangan setelah menabrak. Muatan yang dibawa sampai keluar dan truk terguling.

Baca juga: Kecelakaan di GT Halim, Sopir Truk Tidak Punya SIM

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

Kelihatan juga sofa yang dibawa melebihi dari tinggi bak truk, artinya masuk ke Over Dimension dan Over Loading atau ODOL. Truk yang ODOL bisa dibilang rentan alami kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, truk akan mudah oleng ketika dimuat dengan beban yang berlebih atau disusun sampai tinggi menjulang.

“Truk memiliki keterbatasan kemampuan daya angkut, kalau pun ruangnya ada tapi melebihi kemampuan daya angkut, maka keseimbangannya pasti hilang,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Selama Libur Lebaran 2024


Saat muatan disusun tinggi, maka akan memengaruhi center of gravity (COG). Semakin tinggi COG, maka truk jadi lebih mudah oleng, miring sedikit bisa terguling.

“Kalau muatannya tinggi, titik berat tersebut sudah berubah ke atas, ini yang membuat truk mudah oleng. Semakin tinggi dimensi muatan truk, semakin menangkap angin samping, jadi gampang terbalik,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com