Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Tiba-tiba Terbakar, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 17/03/2024, 03:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian sepeda motor yang tiba-tiba terbakar tidak sekali terjadi. Pemilik harus waspada dengan sejumlah kemungkinan terjadinya kebakaran.

Seperti pada video yang diunggah Instagram @jabodetabek.terkini pada Sabtu (16/3/2024). Terlihat satu unit motor yang tiba-tiba mengeluarkan percikan api dari bagian mesin.

Seketika api membesar dan langsung melalap beberapa komponen motor. Bahkan api juga menjalar ke jalan yang saat itu sebetulnya sedang basah karena hujan.

Baca juga: BYD Sediakan 10.000 Mobil Listrik Operasional PLN

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

Menanggapi kejadian ini, Endro Sutarno, People & Technical Development SiTEPAT, mengatakan, ada banyak kemungkinan terjadinya kebakaran pada sepeda motor.

”Ada beberapa bahan yang memicu terjadinya api, bisa jadi (bensin bocor),” ujar Endro, kepada Kompas.com (16/3/2024).

Endro menambahkan, ada kemungkinan bensin yang bocor berasal dari karburator, karena motor yang terbakar merupakan bebek tipe lama. Kemudian, api tersulut dari bagian tutup busi yang juga bocor.

Baca juga: Daihatsu Targetkan Recall Xenia Capai 90 Persen di 2024

”Atau karburator bocor sehingga kena knalpot yang panas, itu juga bisa. Atau knalpot tesangkut sesuatu yang bisa memicu kebakaran,” ucap Endro.

Sementara itu, Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, bahwa api dalam video yang beredar tidak mati ketika disiram.

Besar kemungkinan kebakaran dipicu oleh bensin atau oli. Sehingga tidak mempan dengan air yang disiram oleh salah seorang yang ada di dalam video tersebut.

Baca juga: Beredar Foto Mini Aceman, Mobil Listrik Hasil Kolaborasi GWM

ilustrasi sepeda motor terbakarexpressandstar.com ilustrasi sepeda motor terbakar

”Kalau dilihat dari video itu apinya enggak mati waktu disiram, kemungkinan yang terbakar adalah bensin atau oli. Untuk penyebabnya bisa macam-macam. Bisa karena enggak merawat atau memelihara motornya,” kata Reza.

”Atau ada kebocoran, atau penggantian komponen yang tidak orisinal, atau modifikasi, atau juga karena tidak menjaga kebersihan jadi ada hewan yang merusak kabel atau selang-selang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com