Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Baterai Komentari Larangan Motor Listrik Ikut Mudik Gratis

Kompas.com - 13/03/2024, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyuluh aturan terbaru berkenaan dengan mudik gratis 2024 dan angkutan motor gratis (Motis).

Melalui keterangan, Kemenhub menegaskan jika motor-motor listrik dilarang mengikuti program Motis 2024, atas dasar pertimbangan keselamatan dan keamanan.

Arif Anwar, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub menjelaskan, alasan dari ketetapan itu adalah belum adanya regulasi dan SOP untuk pengangkutan motor listrik.

Ketiadaan SOP yang jelas dan komprehensif dikhawatirkan bisa memunculkan beberapa kendala saat proses transport. Oleh karenanya, motor listrik dihilangkan dari daftar penerima program MOTIS 2024.

Baca juga: Cek Batas Ketebalan Ban yang Aman Saat Dipakai Perjalanan Jauh

Baterai kendaraan listrik lansiran GotionKompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai kendaraan listrik lansiran Gotion

“Untuk saat ini kami memang belum melayani untuk motor listrik. jadi regulasinya belum jelas dari Ditjen Perhubungan Darat. Kami pun juga belum mengetahui secara pasti SOP-nya membawa motor listrik seperti apa,” kata Anwar di sela-sela konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Menanggapi hal ini, beberapa pelaku di industri motor listrik memberikan tanggapan. Salah satunya yakni Gotion Indonesia, perusahan baterai kendaraan listrik.

Bastoni Lamhot, Public Manager Gotion Hi-Tech menjelaskan, prosedur transportasi atau pemindahan motor listrik sejatinya tidak terlalu rumit.

“Teknologi baterai kita sudah berkembang, dan motor-motor listrik di Indonesia juga hitungannya kan baru, (model terlama) mulai 2019,” ucap dia saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (13/3/2024).

Baca juga: Layanan Kontak Center Korlantas Polri Hadir untuk Melayani Masyarakat

Ilustrasi Motis 2024. DJKA Kemenhub menggelar Mudik Motor Gratis (Motis) 2024.Kemenhub Ilustrasi Motis 2024. DJKA Kemenhub menggelar Mudik Motor Gratis (Motis) 2024.

Dia menjelaskan, kebocoran baterai tidak akan terjadi selama arus listriknya dihentikan. Caranya juga mudah, hanya sebatas memutus aliran dari MCB.

“Semua motor listrik pasti pakai MCB, tinggal dicetek (diputus) saja bagian itu,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com