Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Gaikindo Tidak Hadir Saat Pembukaan IIMS 2024

Kompas.com - 17/02/2024, 15:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tidak hadir saat pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Kamis, 15 Februari 2024 lalu.

Padahal kala itu, pameran dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung, yang ditemani oleh jajaran menterinya, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sekertaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara menjelaskan, sebenarnya ia sudah memenuhi undangan dari Dyandra Promosindo sebagai promotor pameran.

Baca juga: Debut ke Indonesia, VinFast Gandeng 5 Mitra Dealer Besar Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth Toyota di IIMS 2024Kompas.com/Dio Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth Toyota di IIMS 2024

"Pada undangan yang kami terima, pembukaan itu pukul 10.00 WIB. Saya sudah datang jam 09.00 WIB, tetapi sudah disteril. Tidak bisa masuk padahal sudah bilang undangan," kata Kukuh kepada Kompas.com, Sabtu (17/2/2024).

"Jadi tidak bisa kemana-mana (dari pintu utama JIExpo Kemayoran). Ke hall C (arena mobil) langsung saja tidak bisa," lanjut Kukuh.

Ia pun mengaku selama terjebak, tidak sendirian. Ada beberapa bos Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang mengalami hal serupa yakni tidak mendapatkan informasi terbaru kedatangan Presiden Jokowi.

Diketahui pada seremoni pembukaan IIMS 2024, Jokowi datang bersama beberapa jajaran Kementeriannya sekitar pukul 09.00 WIB. Ia lantas memberikan kata sambutan pukul 09.10 WIB.

Baca juga: Honda Pamerkan 15 Produk Andalan di IIMS 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dok. KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Setelahnya yaitu pada pukul 09.30 WIB, ia berkeliling pameran dan menyempatkan diri untuk singgah ke beberapa booth, dari Toyota, BYD, VinFast, sampai Honda.

"Jadi bukannya saya tidak datang, ya. Tetapi karena tertahan, jadi tidak bisa masuk," ucap Kukuh.

Kedatangan Jokowi untuk membuka pameran IIMS sendiri, saat ini sudah dua kali berturut. Ia hanya absen tahun 2022 yang digelar secara hybrid karena terdapat pandemi Covid-19.

Sementara di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), terakhir kali Jokowi meresmikannya pada tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com