Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Volta 401, Motor Listrik Rp 9 Jutaan

Kompas.com - 12/12/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volta 401 merupakan motor listrik dengan harga yang menarik, setelah subsidi jadi Rp 9,95 juta. Motor ini sering terlihat di jalanan, digunakan ojek online sampai buat antar paket.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes Volta 401 beberapa hari. Pada tulisan kali ini, kami akan bahas tentang desain Volta 401, dari bodi sampai ke instrument cluster.

Pertama, secara keseluruhan Volta 401 tampilannya seperti skuter matik pada umumnya. Desainnya agresif dengan sudut-sudut tajam, tapi jadi nilai tambah buat yang suka motor listrik yang sporty.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik Volta 401, Cicilan mulai Rp 160.000 Per Bulan


Pada bagian depan, ada lampu utama di bagian bodi, bukan di setang. Lampu sudah LED dan di bawahnya ada DRL, posisi lampu sein ada di setang, alias agak atas.

Melihat dari samping, bodinya tampak garisan yang tajam, jelas kelihatan di atas bodi berwarna silver. Cuma kami kurang suka bagian di bawah dek, agak kosong dan kurang padat saja, tapi dek di atasnya sangat lega.

Agak ke belakang, swingarm tertutup cover plastik yang desainnya cukup stylish, jadi kelihatan padat. Kemudian untuk lampu kombinasi, ukurannya besar dan sudah LED, ditambah ada behel di atasnya yang panjang, bisa untuk memasang boks.

Baca juga: Ban MotoGP Dikritik, Michelin Tantang Semua Pihak Datang ke Pabrik

Volta 401KOMPAS.com/FATHAN Volta 401

Pada bagian instrument cluster, semuanya sudah digital, menampilkan informasi sisa baterai, kecepatan, posisi gigi, dan odometer yang sekaligus tripmeter dan sisa jarak tempuh.

Tombol di setang cukup banyak tapi fungsional, misal di kanan ada tombol transmisi (1,2,3) dan parkir, start, dan lampu. Sedangkan di sisi kiri ada tombol lampu jauh, hazard, sein, klakson, dan buat mundur.

Volta 401KOMPAS.com/FATHAN Volta 401

Bicara soal bagasi, sebenarnya ada tempat untuk menyimpan dua baterai. Kalau cuma pakai satu, ruangannya cukup lega buat simpan barang, tapi kalau bawa dua baterai, maka sisa ruang jadi sedikit.

Menurut kami, Volta 401 memang punya tampilan yang biasa saja, cenderung mirip skutik konvensional.  Tapi di situ juga jadi poin plus, tidak terlalu mencolok di jalan dan. Tetap fungsional, apalagi deknya yang lega, bisa buat simpan barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com